Sabtu, 20 April 2024

Pemprov Harus Gencar Tingkatkan Wisatawan Kepri

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Panusunan Siregar menuturkan, bulan Mei dan Juni merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan pemerintah Provinsi Kepri untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kepri.

“Mei kemarin, seharusnya ada program pemerintah daerah yang dibuat untuk gencarkan penambahan kunjungan. Termasuk juga bulan Juni ini,” tutur Panusunan belum lama ini.

Dua bulan ini, sambung dia, cenderung menunjukkan grafik yang terus menaik. Bilamana tren tersebut dapat ditangkap oleh Pemda, diyakini Panusunan, angka kunjungan ke Kepri pun dapat ikut meningkat di penghujung tahun.

“Harus ada gebrakan benar-benar luar biasa. Apalagi program oleh dinas pariwisatanya. Karena dilihat dari grafik yang ada, sedikit sulit untuk mencapai 200.000 kunjungan ke Kepri,” paparnya lagi.

Kendati demikian, adanya angin segar jika melihat grafik kunjungan ke Kepri sepanjang April lalu. Dengan adanya peningkatan pada semua pintu masuk ke Kepri, meski belum mendekati target.

Pintu masuk utama, yakni Batam mengalami peningkatan sebanyak 5,43 persen dibandingkan bulan Maret. Sehingga kunjungan melalui Batam sebanyak 134.218 kunjungan. Sementara Bintan yang merupakan pintu masuk terbanyak kedua pada April kemarin, menerima 28.158 kunjungan. Selanjutnya, Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang, menerima 9.143 kunjungan. Kemudian Karimun, menerima 7.751 kunjungan. “Sehingga total kunjungan ke Kepri sepanjang April tahun ini sebanyak 179.279 kunjungan. Meningkat 8,76 persen dibandingkan April tahun lalu. Juga meningkat 6,91 persen dibandingkan bulan sebelumnya, yakni Maret 2017,” pungkas Panusunan. (aya)

Update