Kamis, 25 April 2024

Hari Ini 2.134 Pemudik Tinggalkan Batam dengan Kapal Pelni

Berita Terkait

 

Para penumpang yang akan melakukan mudik dengan menggunakan kapal pelni saat naik ke kapal di Pelabuhan Batuampar, Selasa (13/2). Sekitar dua ribu penumpang kapal pelni ini melakukan mudik tujuan jakarta. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Suasana mudik Lebaran mulai terasa. Ribuan penumpang dari pelabuhan Batuampar tujuan Tanjung Priok terlihat memenuhi pelabuhan Batuampar Selasa (13/6/2017) pagi. Sebagian besar dari mereka, hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah di kampung halaman masing-masing.

Kepala Pelni Cabang Batam, Ending Wahyudi mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Batuampar pagi tadi sebanyak 2.134 orang. Jumlah penumpang akan terus mengalami peningkatan menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Tujuan pulau Jawa puncaknya pada hari Jumat (16/6/2017). Kalau untuk tujuan Belawan tanggal 21 dan 23,” ujarnya.

Ending menjelaskan, untuk keberangkatan menuju Tanjung Priok pada Jumat (16/6) mendatang akan menggunakan kapal bantuan, KM Umsini. Sementara, untuk tiket kelas ekonomi hingga kelas I dengan tujuan Tanjung Priok sudah habis terjual sejak beberapa minggu yang lalu.

“Penjualan tiket masih ada sampai sekarang. Tapi hanya untuk tiket yang non seat, kalau tiket kelas sudah habis semua,” katanya.

Ending menambahkan, untuk mengangkut pemudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pelni diberikan dispensasi untuk mengangkut penumpang hingga mencapai 3.700 orang.

“Tiket yang terjual tujuan Tanjung Priok sampai saat ini sudah mencapai 2.200 lebih,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) AKP Reza Tarigan menghimbau kepada seluruh penumpang untuk tidak membawa barang yang berlebihan. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh barang bawaan penumpang.

“Kita minta kepada seluruh penumpang untuk menjaga barang bawaannya. Jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan karena itu dapat mengundang pelaku kejahatan,” ujarnya. (cr1)

Update