Kamis, 25 April 2024

Waspada Bumbu Racikan Kadaluarsa

Berita Terkait

batampos.co.id – Kapolres Natuna AKBP Charles Sinaga menyarankan masyarakat berhati-hati saat membeli bumbu memasak. Karena banyak ditemukan bumbu racikan yang sudah tidak layak dikonsumsi.

Dikatakan Kapolres, dari hasil operasi tim satgas pangan polres bersama instansi terkait menemukan di salah satu grosir situpang, menjual bumbu racik yang sudah kadaluarsa.

Bahkan menemukan beberapa botol kecap merk Tongnam yang tidak ada izin edar, kemasan tepung terigu yang rusak, serta mentega yang sudah kedaluwarsa.

“Semua makanan dan minuman tidak layak ini sudah disita tim satgas pangan. Termasuk kemasan yang rusak, dan ada yang sudah berjamur,” sebut Charles, Selasa (20/6).

Tidak hanya itu, saat ini tim satgas pangan bersama Bulog, disperindag, dinas ketahanan pangan, Dinas pertanian, Satpol pp, Dinkes, puskesmas dan dari Kecamatan Bunguran Timur melakukan monitoring harga dan ketersediaan pangan di pasar, mini market dan gudang.

Sidak ini dengan sasaran makaan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya. Makanan atau minuman yang kadaluarsa, makanan atau minuman yang tidak ada izin edar dari BPom. Serta Mie instan yang mengandung DNA babi
dan penimbunan atau penumpukan sembako.

“Tim juga mengambil sampel daging, ikan dan daging ayam untuk dilakukan periksaan di lab. Dan untuk saat ini belum ditemukan mie instan yang mengandung DNA babi seperti diberitakan,” ujar Charles.(arn)

Update