Rabu, 24 April 2024

3 Hari Lapas Narkotika Ramai Dikunjungi

Berita Terkait

Puluhan keluarga dari warga binaan Lapas Narkotika Kelas II Tanjungpinang, datang berkunjung pada acara Open house dalam perayaan hari raya ketiga Idul Fitri 1438 H. F. Choky Nainggolan/Batam Pos

batampos.co.id – Lapas Narkotika Kelas II Tanjungpinang di Kilometer 18, Gunung Kijang, Bintan ramai di kunjungi masyarakat, khususnya  para keluarga dari warga binaan yang berada di lapas Narkotika sejak hari pertama, hingga hari ketiga Perayaan Idul Fitri 1438 H.

Pasalnya hari pertama, hingga hari ketiga lebaran Idul Fitri 1438 H, Lapas Narkotika menggelar open house, khusus bagi warga binaan dan keluarga mereka.

Kepala Lapas Narkotika Kelas II Tanjungpinang, Misbahuddin mengatakan acara open house yang dilakukan Lapas Narkotika merupakan hal baru bagi lembaga permasyarakatan.

Menurutnya open house selama tiga hari ini adalah salah satu bentuk kunjungan keluarga warga binaan yang dikemas dalam suasana religi, dimana ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang digelar oleh Lapas saat hari raya keagamaan.

“Sebenarnya ini baru sama seperti kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan saat bulan ramadan kemarin, kemasannya saja yang beda agar lebih religi dan bermakna,” ucap Misbahuddin saat ditemui di Lapas Narkotika, Selasa (27/6).

Misbahuddin menyampaikan, dalam acara open house di Lapas ini, seluruh warga binaan yang merayakan hari raya Idul Fitri diberikan kesempatan untuk mengundang sanak saudaranya merayakan hari raya idul fitri di dalam lapas, seperti sholat bersama dan makan bersama.

“Jumlah total warga binaan yang ada di dalam lapas 386 orang, dan yang beragama islam atau yang merayakan Idul Fitri 344 orang. Sehingga dibagi hingga tiga hari, secara bergantian,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan para warga binaan semakin memiliki akhlak yang lebih baik, sehingga  bisa menjadi modal bagi warga binaan saat kembali ke lingkungan masyarakat setelah bebas.

“Rangkaian kegiatan ramadan yang kami lakukan, mulai dari pesatren kilat, khataman Alqur’an, buka puasa bersama, hingga open house ramadan, sehingga para warga binaan semakin termotivasi untuk kembali ke jalan yang benar dan memiliki akhlak yang baik,” imbuhnya. (cr20)

Update