Kamis, 25 April 2024

34.144 Pemudik Tinggalkan Batam melalui Pelabuhan Domestik Sekupang

Berita Terkait

Calon penumpang kapal Ferry. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 34.144 pemudik tercatat meninggalkan Batam melalui Pelabuhan Domestik Sekupang sejak 17-24 Juni 2017. Pemudik tujuan antar pulau ini diperkirakan akan kembali ke Batam pada Sabtu dan Minggu ini seiring berakhirnya libur lebaran.

Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Bambang Gunawan mengatakan berbagai persiapan sudah disiapkan untuk menghadapi arus balik nanti. Selain personil, pihaknya juga memastikan jadwal kapal sesuai dengan yang telah dibuat sebelumnya.

“Kita berharap tidak ada keterlambatan, dan sesuai jadwal,” kata Bambang saat meninjau PDS, Rabu (28/6).Selama memantau arus mudik dan arus balik kemarin, Rabu (28/6), Bambang  menuturkan ada beberapa hal yang menjadi perhatian Kanpel diantaranya kondisi kapal yang layak untuk berlayar, terutama arus balik nanti.

Selain itu, cuaca juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan, melihat kondisi di Batam yang tidak bisa diprediksi.

“Batam bentar- bentar hujan, bentar panas, ini yang kita koordinasikan juga dengan BMKG,” ujarnya.

Bambang memperkirakan puncak arus balik akan terjadi mulai dari Sabtu-Minggu ini. Saat ini sebagian pemudik juga telah kembali ke Batam. “Hari ini mungkin sekitar tiga ribu yang akan datang ke Batam, masih setengahnya dari yang berangkat kemarin yang mencapai enam ribu pemudik,” sebutnya.

Dia menambahkan pihaknya memastikan keselamatan penumpang saat turun dari kapal. Syahbandar memiliki tanggung jawab keselamatan saat penumpang berangkat hingga turun kapal.

Sementara itu, untuk pengaturan kendaraan yang ada di lingkungan PDS untuk arus balik nanti, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS, Deni Setiawan mengatakan persiapan arus balik memang belum terlalu signifikan. Beberapa angkutan yang berada di PDS juga masih sama dengan yang sebelumnya.

“Pembatasan jumlah armada taxi masih, hal ini dilakukan agar parkiran tidak crowded sehingga terjadi kemacetan,” sebutnya.

Sementara itu, pantauan Batam Pos di lapangan tenda- tenda untuk penumpang masih terpasang dengan baik, termasuk di gedung baru, meskipun tidak terlalu ramai, beberapa penumpang terlihat menunggu waktu keberangkatan.(cr17)

Update