Kamis, 28 Maret 2024

Tak Ada Lagi Tempat untuk Wanita Tahanan

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) kelas II A Batam berencana akan memindahkan secara perlahanan warga binaan wanita ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) di Baloi dalam waktu dekat ini. Pemindahan ini bertujuan untuk menekan kelebihan kapasitas warga binaan baik di Lapas ataupun Rutan.

Wacana pemindahan warga binaan wanita tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan HAM terkait pengadaan LPP di Batam yang sudah keluar sejak awal tahun 2017 lalu.

“Batam sudah ada LPP jadi otomatis warga binaan wanita harus ditempatkan di sana,” ujar Karutan Batam David Gultom, Kamis (29/6) siang.

Meskipun belum memiliki gedung sendiri, namun hadirnya LPP yang saat ini menumpang di gedung Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Baloi, diakui David sangat membantu pihaknya untuk menekan jumlah warga binaan yang sudah melebihi kapasitas daya tampung Rutan. Jumlah warga binaan yang ada di Rutan saat ini mencapai 956 orang. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari angka idel daya tampung Rutan yang hanya menampung 285 orang saja.

“Makanya dalam waktu dekat ini, 96 warga binaan wanita yang ada di sini akan dipindahkan secara perlahan ke LPP tersebut. Biar blok wanita itu dipakai oleh warga binaan pria nantinya,” kata David.

Dengan adanya LPP tersebut, sambung David, saat ini pihaknya juga sudah menyetop penerimaan tahanan wanita baru.”Tahanan wanita baru sudah langsung ke LPP jadi kami sudah tak terima lagi,” ujarnya.

Senada disampaikan oleh pihak Lapas Batam. Hadirnya LPP tersebut memang sangat membantu untuk menekan over kapasitas penghuni Lapas Batam. Lapas Batam yang saat ini dihuni 1.400 orang dinilai sudah over kapasitas yang mencapai 300 persen dari daya tampung ideal yang hanya 480 orang saja.

Sehingga, dengan adanya LPP tersebut ledakan jumlah tahanan tersebut bisa sedikit ditekan. Warga binaan wanita di Lapas Batam saat ini sekitar 52 orang. Dan dalam waktu dekat ini pihak Lapas juga akan memindahkan tahanan wanita tersebut ke LPP.

“Ini masih wacana tapi kami sangat berharap agar secepatnya dipindahkan. Bagaimanapun di sini sudah over kapasitas sampai 300 persen. Pemindahan ni sangat baik karena akan mengurangi warga binaan di Lapas ini,” ujar Kasi Binadik Lapas Batam Rommy, kemarin. (eja)

Update