Rabu, 24 April 2024

4516 Wisatawan Kunjungi Tanjungpinang

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 4516 wisatawan dari Malaysia dan Singapura telah mengunjungi Tanjungpinang selama lebaran. Mereka bertandang ke ibukota Provinsi Kepri ini untuk menikmati seluruh objek wisata yang berada di Tanjungpinang dan Bintan melalui pintu masuk Dermaga Internasional Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP).

“Dalam arus balik lebaran ini juga diwarnai kunjungan wisatawan. Baik dari Malaysia maupun Singapura. Tercatat dari hari pertama lebaran (H) sampai hari keenam lebaran (H+5) sudah 4516 wisatawan tiba di kota ini,” ujar Petugas Pelayanan Embarkasi dan Dembarkasi Pelayaran Internasional,  Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya, Jumat (30/6).

Rincian kedatangan wisatawan ke kota ini, kata Marta mengalami peningkatan setiap harinya. Tercatat dimulai hari H sebanyak 407 orang yang tiba disini. Kemudian H+1 sebanyak 628 orang, H+2 sebanyak 638 orang, H+3 sebanyak 892 orang , H+4 sebanyak 951 orang dan H+5 sekitar 1000an orang.

Kesemua wisatawan itu, lanjut Marta 70 persennya didominasi dari Singapura. Sedangkan sisanya 30 persen berasal dari Malaysia. Mereka, sambung Marta tidak langsung pulang hari itu juga. Melainkan ada yang menginap di beberapa hotel dan resort baik yang ada di Tanjungpinang maupun Bintan.

“Sebagian besar wisatawan yang kesini dari Singapura. Tapi asal negara mereka berbeda-beda,” bebernya.

Ditanya pelayanan pulang pergi (PP) di Pelabuhan Internasonal SBP, Marta mengaku sama seperti hari biasa. Yaitu dilayani 11 trip dalam sehari. Diantaranya rute Singapura-Tanjungpinang sebanyak 8 trip dan rute Malaysia-Tanjungpinang sebanyak 3 trip.

“Meskipun kedatangan wisatawan mengalami lonjakan 60 persen dari hari biasanya. Trip pelayaran tidak ada tambahan tapi pengangkutannya sesuai dengan kapasitas,” ungkapnya. (ary)

Update