Wabup Bintan Dalmasri Syam dan Danrem 033/WP Brigjen Fachri melihat kegiatan TMMD di Desa Toapaya Selatan usai pembukaan TMMD ke 99 di Bintan, Selasa (4/7). F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Danrem 033/WP Brigjen Fachri resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di lapangan sepak bola Kampung Mantras Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Bintan, Selasa (4/7). Selama 34 hari ke depan Fachri berharap supaya TNI dan masyarakat menyatu membangun pedesaan.

Fachri menjelaskan, pekerjaan TMMD di Bintan akan melibatkan masyarakat desa. Tujuannya supaya TNI dan rakyat lebih manunggal. “Jadi, sama-sama tujuannya menjaga keutuhan bangsa dan negara,” harap perwira bintang satu ini.

TMMD yang dilaksanakan di Desa Toapaya Selatan menurut Fachri terdiri dari program fisik dan nonfisik. Program fisik yakni pengerjaan pembukaan jalan di Kampung Mantras 1,2 kilometer yang memiliki lebar 6 meter. Pekerjaan akses jalan ditargetkan selesai di bulan Agustus. Sedangkan program nonfisik yakni pengobatan massal penyuluhan bela negara, penyuluhan bahaya narkoba dan bahaya radikalisme.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam mengatakan, Pemkab sangat mendukung program TMMD yang dilakukan di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya Bintan. “Semoga program fisik yang dilakukan TNI bersama masyarakat desa selesai dalam waktu satu ini dan hasilnya betul betul dinikmati bersama. Kita juga meminta masyarakat menjaga fasilitas yang sudah dibangun,” katanya.

Usai apel, Wabup dan Danrem 033.WP meninjau kegiatan TMMD ke-99 di Kantor Desa Toapaya Selatan antara lain pembagian sembako dan pengobatan gratis yang dilakukan TNI. (cr21)