Kamis, 25 April 2024

Hari Ini Lis Hanya Lantik Tujuh Pejabat Terpilih

Berita Terkait

batampos.co.id – Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah akan melantik pejabat terpilih yang mengikuti lelang jabatan (open bidding) hari ini, Jumat (7/7) di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang. Namun dari sembilan pejabat terpilih, hanya tujuh orang saja yang dilantik sedangkan dua orang lagi harus berlapang dada menunggu giliran.

Sekda Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah menyetujui usulan sembilan pejabat yang akan dilantik dari hasil open bidding. Namun direkomendasikan tujuh pejabat dahulu yang dilantik sedangkan dua lainnya diundur sampai pejabat lamanya masuk masa pensiun.

“Ada sembilan kursi yang dilelang kemarin. Tapi dua dinas lagi masih ada pejabat lamanya, jadi pelantikan dua pejabat barunya terpaksa diundur sampai pejabat lamanya pensiun,” ujar Riono ketika dikonfirmasi, Kamis (6/7).

Ditanya nama tujuh pejabat yang dilantik, Riono mengaku belum bisa membeberkannya sampai pelantikannya dilaksanakan. Sebab yang menentukan pejabat pilihan itu bukan dirinya melainkan hak penuh dari kepala daerah.

Namun untuk kursi yang diisi ketujuh pejabat itu, kata Riono yaitu Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik Hukum dan Kemasyarakatan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud).

Kemudian, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Kebersihan dan Pertamanan (DPRKPKP), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Jadi pejabat yang akan dilantik akan mengisi tujuh kursi ini. Kalau untuk nama-namanya dapat diketahui besok (hari ini-red),” bebernya.

Sedangkan dua kursi yang masih diduduki pejabat lamanya, lanjut Riono adalah Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Robert Pasaribu dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Gunawan Grounimo. Kedua pejabat ini akan memasuki masa pensiunnya pada Oktober mendatang.

Maka, sambung Riono dua pejabat terpilih yang diberikan amanah untuk menjabat sebagai Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan serta Kadispora terpaksa diundur pelantikannya.

“Ketika Pak Robert dan Pak Gunawan masuk masa pensiunnya. Kami baru melantik pejabat terpilih tersebut, jadi diharapkan pejabat-pejabat baru itu bisa bersabar,” ungkapnya. (ary)

Update