Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Akan Bangun Akses Lagoi – Trikora

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan, Pemkab Bintan terus memberikan kemudahan-kemudahan investor dalam berinvestasi di bidang pariwisata.

Bahkan, Pemkab akan merencanakan pembangunan akses jalan Lagoi dan Trikota. Ini disambut baik di kalangan pengusaha, karena menunjang sektor pariwisata di Pantai Trikota.

“Di kawasan timur kita punya kawasan wisata terpadu Lagoi dan Pantai Trikora juga banyak resort,” kata Apri.

Hanya, kawasan wisata Pantai Trikora menurut Apri belum terintergrasi secara baik seperti pengelolaan kawasan wisata terpadu di Lagoi. Karena, promosi pariwisata di Pantai Sakera dilakukan oleh masing-masing resort.

“Perlu dibuat event yang terintegrasi di kawasan wisata Pantai Sakera, sehingga resort satu dengan lainnya terintegrasi dengan baik,” katanya.

Selain itu, agar kedua kawasan wisata tersebut sama-sama maju, Apri mencanangkan pembangunan akses jalan penghubung antara kawasan wisata Lagoi dan Trikora.

“Sangat menunjang pariwisata di Pantai Trikora apabila dibuka jalan tembus langsung ke Lagoi,” ujarnya.

Menurut Apri, ini berdampak sangat baik untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. “Tahun lalu, jumlah turis yang melakukan perjalanan wisata ke Bintan sekitar 315 ribu orang. Tahun ini ditargetkan sekitar 500 ribu kunjungan turis,” sebut Apri.

Dia menambahkan, hanya kendala di lapangan saat ini, jalan di kawasan wisata di Pantai Trikora masih gelap. Sebab, status jalan di sana adalah jalan nasional. “Tidak boleh dianggarkan melalui APBD Bintan karena status jalan nasional,” katanya.

Meski demikian, Pemkab Bintan akan terus membangun infrastruktur lain untuk menunjang usaha pariwisata
di Bintan.

Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, saat ini ada sekitar 12 hingga 15 resort yang beroperasi di kawasan wisata Pantai Trikora. Sejauh ini, dari event yang digelar Pemkab Bintan seperti Tour de Bintan, banyak juga peserta yang menginap di resort yang ada di Pantai Trikora.

“Kita akan pikirkan membuat event yang memungkinkan di kawasan wisata Pantai Trikora,” sebutnya.

Bandono Budiono, CEO PT GWS Properti menyambut baik rencana itu. Karena, memudahkan akses wisatawan yang akan berkunjung ke resortnya. “Jadi lebih dekat, 20 menit sampai,” ujarnya. (cr21)

Update