Rabu, 24 April 2024

Mantan Panwaslu, KPU, dan Wartawan Ikut Seleksi

Berita Terkait

batampos.co.id – Tim Seleksi (Timsel) calon Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kepri Zona A yang meliputi Batam, Karimun dan Natuna telah menggumumkan hasil seleksi administrasi, kemarin (10/7). Untuk Kabupaten Karimun, yang menyerapkan berkas mencapai 23 orang dan lulus administrasi 16 orang.

”Ada empat mantan Panwaslu Karimun, satu mantan KPU dan satu wartawan dari media televisi lokal yang lolos verifikasi administrasi calon Panwaslu,” jelas koordinator timsel zona A wilayah kabupaten Karimun, Muhammad Sarih di Tanjungbalai Karimun.

Yang cukup menariknya, kata Sarih dari 16 orang tersebut ada empat orang mantan Panwaslu ikut kembali yaitu Tiuridah Silitonga, Mardanus, Kasirul Fadli, Konang Prijanto. Selain itu juga, bursa calon Panwaslu Karimun juga ikut mantan Ketua KPU Kabupaten Karimun, Bambang Hermanto dan wartawan media televisi lokal Suhermita.

”Untuk yang tidak lulus verifikasi adminitrasi rata-rata terkendala dari usia yang belum cukup dibawah 30 tahun,” ujarnya.

Selanjutnya, hari Kamis (13/7) nanti akan dilakukan tes tertulis yang berlokasi di SMPN I Karimun Bukit Senang. Dengan membawa persyaratan, seperti KTP, alat tulis pena maupun pensil serta pakaian bebas dan rapi. Apabila lulus tes tertulis, nantinya dilanjutkan tes wawancara dan beberapa tahapan yang harus dilalui bagi calon Panwaslu Karimun.

” Ya masih jauh, ini baru tahapan awal. Belum tau jumlah yang masuk, nanti di kabari lagi,” tuturnya.

Sementara itu salah satu calon Panwaslu Tiuridah Silitonga ketika dikonfirmasi motivasi ikut kembali dalam seleksi Panwaslu di tahun ini mengatakan, dirinya ikut kembali ingin memberikan pencerahan kepada masyarakat terhadap proses Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pilpres, Pileg, Pilgub hingga Pilbup. Khususnya, dalam pengawasan pesta demoktrasi ditingkat Kabupaten.

”Kalau dihitung-hitung sudah dua periode saya ikut, mulai jadi anggota hingga Ketua Panwaslu. Kali ini, mudah-mudahan lulus lagi dan suami serta anak-anak mendukung untuk terjun di dunia politik,” singkatnya.(tri)

Update