Jumat, 29 Maret 2024

Rencana Bangun Pelabuhan Bongkar Muat Terancam Molor

Berita Terkait

Bangkai Kapal Pagai masih berlabuh tambat di perairan rakyat Tanjunguban. F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Rencana Dishub Provinsi Kepri membangun pelabuhan bongkar muat multifungsi di Tanjunguban, dalam waktu dekat akan molor. Pertamina hingga kemarin belum memindahkan bangkai kapal pagai yang labuh tambat di lokasi pembangunan.

Humas Pertamina Region I Medan Fitri Arika mengatakan pemindahan bangkai kapal pagai masih dalam proses. Pertamina, kata Arika masih melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan instansi terkait. “Pararel Pertamina tetap berkoordinasi,” sebutnya.

Apakah nanti pemindahan dilakukan dengan ditarik kapal atau dipotong di tempat di lokasi labuh tambat, Fitri Arika belum menjawab.

Sementara itu, Kadishub Provinsi Kepri Jamhur Ismail belum berhasil dimintai keterangan, kemarin. Sebelumnya, ia mengatakan, sudah ada pertemuan antara Dishub Kepri dan Pertamina Marine yang mengelola kapal pagai. “Janji mereka setelah lebaran,” ungkap Zamhur Ismail saat itu.

Persoalan pemindahan bangkai kapal pagai muncul setelah Dishub Kepri melayangkan dua kali surat ke pertamina meminta kapal itu dipindahkan, karena Dishub akan membangun pelabuhan bongkar muat di lokasi labuh kapal.

Bahkan, dalam surat ketiga, Dishub mengancam membawa persoalan ke pengadilan, apabila Pertamina tidak memindahkan bangkai kapal tersebut. Pertamina langsung bereaksi sehingga melakukan mediasi dengan pihak Dishub Kepri, saat itu dan berjanji segera memindahakan bangkai kapal pengangkut BBM itu. (cr21)

Update