Kamis, 18 April 2024

Pemkab Ajukan Pengadaan Hidran di APBD-P

Berita Terkait

Salah satu hidran untuk memadamkan kebakaran terpasang di jalan Ahmad Yani laut Tarempa. F.Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Rumah penduduk di Anambas mayoritas bangunannya terdiri dari bahan kayu yang dibangun ditepi laut seperti rumah panggung. Karena terlalu padat maka ruang gerak dan akses jalan cukup sempit yang sangat rawan terjadi kebakaran dan jika sudah terjadi kebakaran maka potensi merambat kerumah warga lain cukup tinggi.

Beberapa tahun belakangan ini sejumlah kecamatan sering mengalami kebakaran khususnya di Kecamatan Siantan, sejak Anambas dibentuk menjadi kabupaten, hampir 4 kali mengalami kebakaran hebat sehingga banyak warga mengalami kerugian materil cukup banyak, bahkan pernah menelan korban jiwa.

Korban kebakaran yang memakan jiwa tersebut ketika musibah kebakaran terjadi di jalan Tanjung Lambai Desa Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan. Satu korban tersebut merupakan personil Lanal Tarempa.

Salah satu warga Tarempa Rahmad, mengatakan, jika pemukiman penduduk mengalami kebakaran, hal yang sangat sulit dilakukan pemadaman karena
kendaraan pemadam kebakaran sulit masuk lokasi sebab akses jalan untuk keluar masuk kendaraan tidak ada.

Mestinya persoalan yang dialami warga menjadi suatu pembelajaran bagi Pemda, agar dapat merancang suatu solusi yang baik demi menjamin keamanan dan kenyamanan bagi warga dalam mendapatkan pelayanan yang terbaik.

“Tentu kita sebagai warga merasa cemas dengan kondisi pemukiman penduduk yang semberawut dan akses jalan yang sempit, belum lagi jika ada musibah kebakaran sulit dipadamkan. Perlu ada solusi dan tindakan yang nyata dalam membangunn sedemikian terkait pemukiman warga,” ucapnya.

Menanggapi hal itu Agus Supratman, selaku Kepala Bagian Pemadam Kebakaran ketika dihubungi menjelaskan, pasca kejadian kebakaran yang berada dijalan Patimura beberapa waktu yang lalu, Bupati Kepulauan Anambas langsung perintahkan kepada dirinya untuk menyediakan dan memperbaiki sejumlah peralatan pemadam kebakaran. Kini alat pemadam kebakaran sudah terpasang di jalan Tanjung yang dinilai sangat rawan kebakaran. Namun jika dilihat sangat jauh dari cukup.

Oleh sebab itu, pihaknya telah mengajukan anggaran penambahan pengadaan barang untuk hidran yang akan diperuntukan di seluruh kecamatan di Anambas. Pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini. “Sebanyak 4 unit saja kemarin kita pasang hidran, alat itu guna membantu memadam api menjelang kendaraan kebakaran tiba ditempat kejadian,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, saat ini air yang digunakan bersumber dari bak air yang berada di jalan Kampung Baru, tentunya dibantu menggunakan mesin untuk mendorong air tiba di lokasi.

Ia katakan sejumlah peralatan pemadam kebakaran sudah stanby dilokasi untuk mengantisipasi apabila ada musibah kebakaran. Ia berharap kebakaran tidak terjadi. “Kita berharap kepada semua pihak terutama masyarakat dapat menjaga keamanan dari potensi kebakaran lainnya,” ungkapnya. (sya)

Update