Jumat, 19 April 2024

SD dan SMP Negeri Kekurangan Guru Agama

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekolah dasar (SD) dan SMP Negeri di Karimun mengalami kekurangan guru agama yang tersebar di seluruh wilayah. Jumlahnya mencapai 60 orang. Sehingga, Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Karimun harus mengambil tenaga honorer.

”Kalau bicara soal guru agama yang akan mengajar di SD dan SM negeri dengan status aparatur sipil negara (ASN) di daerah kita memang kekurangan. Untuk menutupi kekurangan itu, kita terpaksa mengambil tenaga honorer. Dan, tentu saja guru agama dengan status honorer ini tidak asal kita pekerjakan. Melainkan, dasar pendidikan jelas, yakni minimal strata satu pendidikan agama Islam,” ujar Kepala Diknas Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, Rabu (12/7).

Mengenai kekurangan guru agama di tingkat SD dan SMP Negeri, Bakri menyebutkan untuk SD jumlahnya ada 54 sekolah dan jumlahnya tidak banyak. ”Untuk SMP kita hanya kekurangan 6 orang yang tersebar di Pulau Karimun dan Pulau Kundur. Sedangkan, untuk SD tersebar di seluruh wilayah kabupaten. Meski hanya mempekerjakan tenaga honorer, yang terpenting kurikulum pelajarannya tepat sasaran,” jelasnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Afrizal secara terpisah menyebutkan, untuk sekolah agama di bawah pengawasan pihaknya, seperti madrasah iIbtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) tidak ada kekuragan guru. ”Hanya saja, memang ada 3 orang guru agama di bawah naungan dan pembinaan kita yang ditugaskan untuk mengajar ke sekolah umum karena kekurangan guru agama,” paparnya. (san)

Update