Jumat, 29 Maret 2024

Tingkatkan SDM Pemkab Gandeng IPB

Berita Terkait

Wakil Bupati Lingga M Nizar. F. Humas Pemkab

batampos.co.id – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama pemuda di Kabuapten Lingga, Pemkab Lingga telah bekerjasama dengan Intitut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan vokasi D1 Pertanian dan Peternakan dengan Sub Kampus Lingga. Seluruh pelajar nantinya akan mengikuti program ini secara gratis.

“Tujuannya agar lebih banyak tenaga ahli dalam bidang pertanian dan peternakan di sesuai dengan apa yang dicita-citakan Bupati Lingga,” ujar Wakil Bupati Lingga M Nizar dalam acara sosialisasi terkait program tersebut di Aula Kantor Bupati, Daik Lingga, Senin (24/7) pagi.

Nizar menambahkan, Pemkab Lingga menginginkan seluruh mahasiswa D1 yang nantinya mengikuti program ini tentunya akan bekerja sesuai dengan visi dan misi Pemkab Lingga ke depan. Seperti yang telah didengungkan, Lingga akan dirancang sebagai daerah lumbung pangan di kawasan perbatasan.

Karenanya, Nizar menginginkan seluruh Mahasiswa yang akan mengikuti program ini untuk lebih baik lagi dalam menimba ilmu serta memiliki ketekunan dan keuletan dalam menyelesaikan pendidikannya tersebut. Kesungguh-sungguhan dalam menuntut ilmu tentunya menjadikan Mahasiswa tersebut lebih unggul.

“Jangan kesempatan ini hanya diperuntukan mencari ijazah saja, kami tidak mau seperti itu. Pemerintah membuka program ini secara gratis untuk mencetak SDM yang mumpuni dan berpihak kepada program Pemerintah pula,” ungkap Nizar.

Kerjasama dengan IPB ini dijalin Pemkab Lingga juga sebagai peningkatan SDM asli daerah Bunda Tanah Melayu agar siap dalam persaingan kedepan yang lebih sengit lagi. Nizar juga mengatakan, Pemkab Lingga tidak berkeinginan untuk menggunakan tenaga ahli dari luar daerah jika ada anak daerah yang mampu.

“Program pusat saat ini terus bergulir, otomatis pasti membutuhkan tenaga yang membidangi baik itu penyuluhan dan lainnya. Untuk itu saya harap manfaatkanlah sebaik mungkin. Kepada pihak IPB saya berikan Apresiasi dan terimakasih karna telah mendukung pengembangan SDM khususnya di Lingga ini,” tutup Nizar

Untuk diketahui jumlah Kouta pendidikan D1 IPB Sub Kampus Lingga sebanyak 105 mahasiswa. Dengan rincian 70 mahasiswa pertanian dan 35 mahasiswa peternakan. Sementara untuk proses pendidikan atau tempat pembelajarannya akan ditempatkan diwilayah Kecamatan Singkep yakni kantor UPTD Kecamatan Singkep. (wsa)

Update