Kamis, 28 Maret 2024

Waspadai Pengaruh Cuaca Ekstrim

Berita Terkait

batampos.co.id – Tercatat jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat di RSUD mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Hal ini dilihat dari semester pertama tahun 2017, yang terhitung hanya ada 61 kasus yang terjadi. Sementara untuk sepanjang periode tahun 2016 ada sebanyak 212 kasus DBD yang terjadi.

Hal ini diungkapkan Humas RSUD Tanjunguban, Ranti. Ia mengatakan jumlah pasien penderita DBD tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Dimana untuk semester pertama ini rata-rata setiap bulannya ada sebanyak 9 sampai 11 kasus yang terjadi, dengan total sebanyak 61 kasus.

“Kalau dikaji pengurangan yang terjadi ada sebanyak 40 persen. Tahun 2016, rata-rata sebanyak 17 hingga 18 orang. Sedangkan tahun ini hanya 9 sampai 11 pasien saja,” terangnya, Senin (24/7).

Ia menuturkan, meskipun mengalami penurunan terhadap jumlah penderita DBD, namun pengaruh kondisi cuaca yang cukup ekstrim saat ini, tentunya rawan akan peningkatan DBD, apalagi bagi warga yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kami berharap jumlah DBD bisa terus menurun. Tapi warga juga harus proaktif terhadap kondisi lingkungan saat cuaca seperti ini. Harus menjaga kebersihan dan juga memberantas potensi berkembangbiakan nyamuk, sehingga gejala yang mengarah ke DBD bisa diantisipasi,” imbuhnya. (cr20)

Update