Kamis, 25 April 2024

Cek Jantung Melalui Treadmill dan Echocardiography

Berita Terkait

 

Petugas kesehatan RSUD Raja Ahmad Thabib Kepri Tanjungpinang, memeriksa kesehatan jantung pasien melalui treadmill dan echocardiography. F. Humas RSUD Raja Ahamad Thabib untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Jantung merupakan organ vital manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Kemudian menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Bertambahnya usia manusia, akan berpengaruh terhadap fungsi jantung.

Jantung bekerja secara terus menerus selama manusia hidup dan secara berangsur akan mengalami penurunan. Untuk itu, kontrol kesehatan terhadap fungsi jantung sangat diperlukan.

Menurut dr. Nanda Iryuza, Sp.Jp, pemeriksaan kesehatan melalui treadmill dilakukan untuk menilai kondisi jantung, dengan cara merekam jantung disertai latihan fisik.

Treadmill kata Nanda, digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung koroner, melakukan evaluasi terhadap terapi dan intervensi pasien untuk mengukur kapasitas fungsional (tingkat kebugaran) serta membuat program latihan.

“Echocardiography adalah pemeriksaan jantung dengan alat ultrasonografi (USG). Dengan alat yang berbeda tentunya,” ujarnya.

Nanda menjelaskan, pemeriksaan echocardiography seperti “mengintip” kondisi jantung, yang bertujuan untuk menilai fungsi dan anatomi jantung.

“Bagaimana ketebalan otot jantung dan kondisi sekat jantung anda. Adakah kebocoran. Bagaimana kondisi rongga-rongga jantung. Adakah pembesaran rongga jantung. Bahkan echocardiography juga bisa menilai kondisi lapisan selaput jantung. Adakah cairan di dalam selaput jantung,” jelasnya.

Kasubag Informasi dan Pemasaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Thabib Kepri, Muhamad Safei mengatakan RSUD terus meningkatkan fasilitas untuk melayani masyarakat di Provinsi Kepri, khususnya masyarakat Tanjungpinang dan Bintan.

“Di rumah sakit ini kami memberikan layanan pemeriksaan spesialis penyakit jantung, yang dilengkapi dengan peralatan treadmill dan echocardiography,” ungkapnya.

Tersedianya alat kesehatan ini kata Safei, sangat membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit dan menjadi acuan dalam pemberian therapi sehingga pasien mendapatkan layanan pengobatan yang tepat dan efektif.

Dengan tersedianya layanan ini, Safei berharap masyarakat semakin dekat dengan pelayanan yang modern dan prima.

RSUD Raja Ahmad Thabib Kepri Tanjungpinang sambungnya, selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

“Mohon doa restu dari masyarakat sehingga kami dapat memberikan pelayanan maksimal. Terus melengkapi fasilitas dan memperbaiki kualitas pelayanan kami,” pungkasnya.(cca)

Update