Jumat, 26 April 2024

Hantam Karang, Pompong Nelayan Tenggelam

Berita Terkait

batampos.co.id – Kecelakaan menimpa nelayan di laut kembali terjadi, Selasa (25/7). Tiga nelayan yang lagi melaut, Ujang selaku tekong dan dibantu dua orang kru kapal, yakni Ayang dan Joni, pompongnya menabrak karang di perairan pulau Asam. Beruntung ketiganya mampu menyelamatkan diri.

”Mereka hendak mencari ikan di Pulau Madu berangkat dari sungai pasir Meral hari Senin (24/7) sore, malamnya atau Selasa dini hari sekitar pukul 02.00 WIB mendadak cuaca diperairan buruk. Sehingga tekong berusaha menghindari cuaca dan ombak besar ke arah Pulau Asam untuk berlindung,” ujar Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Sahata Sitorus.

Mendadak pompong yang dinaiki ketiganya terhenti dan tak bisa melanjutkan perjalanannya. Ternyata bagian depan pompong menghantam karang. Akibatnya kapal tidak bisa bergerak. Sementara kondisi pompong bocor hingga tenggelam ke laut. Namun, sebelum kapal habis tenggelam, tekong telah menghubungi orang tuanya yang juga nelayan untuk minta dijemput.

Siangnya, Nirwan, orang tua tekong berhasil menemukan kapal nelayan yang karam dan membawanya kembali ke Sungai Pasir dalam keadaan selamat.

Sementara KM Cempaka yang membawa muatan 25 ribu biji kelapa dari Sungai Guntung tujuan ke Batam tenggelam sebagian badan kapal akibat kamar mesin mengalami kebocoran pada pukul pukul 09.30 WIB . Peristiwa ini terjadi di Perairan Senggolong, Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun. Tekong kapal bersama dua orang kru kapal berhasil diselamatkan nelayan dan Pos Pemantau Lanal TBK yang ada di Durai. Dalam peristiwa ini juga tidka ada korban jiwa. (san)

Update