Jumat, 29 Maret 2024

Pembangunan Pelabuhan Masih Terkendala Ganti Rugi Lahan

Berita Terkait

Kadishub Kepri Zamhur Ismail meninjau lokasi pembangunan, dan menunjuk bangkai kapal Pagai yang parkir di wilayah lokasi pembangunan pelabuhan bongkar muat, beberapa waktu lalu. F. Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Lahan untuk pembangunan pelabuhan bongkar muat di Tanjunguban belum digantirugi. Pemindahan bangkai kapal pagai yang labuh tambat di lokasi pembangunan pun baru akan dikerjakan di September nanti.

Pemilik lahan, Raja Ali Akbar kepada Batam Pos kemarin mengakui lahannya belum digantirugi. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Riau juga belum mengajak dirinya membicarakan persoalan ganti rugi lahan. “Belum ada diajak bicara,” katanya.

Mengenai besaran harga, ia mengatakan, dirinya akan melihat dulu penawaran dari pemerintah. Jika tidak sesuai harganya, dirinya tidak akan melepas lahan yang menurut rencana akan dibangun pelabuhan bongkar muat multifungsi di Tanjunguban tersebut.

“Lihat dululah, kalau tidak cocok ditunda dulu,” ucapnya.

Kadishub Kepri, Zamhur Ismail hingga berita diturunkan belum berhasil dimintai pendapatnya mengenai lahan yang belum digantirugi.

Pihak Pertamina Marine yang menangani kapal pagai di lokasi yang akan dibangun pelabuhan, Bambang mengatakan, pemindahan kapal akan dilakukan september mendatang. Pemindahan dilakukan dengan menggunakan pelampung, setelah itu ditarik. (cr21)

Update