batampos.co.id – Diduga berlayar tanpa dilengkapi dokumen yang sah. Satu buah kapal Tugboat yang sedang menarik tongkang diamankan tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK), diperairan Penyalai, Kuala Kampar Riau, kemarin.

Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Totok Irianto, mengatakan kapal tersebut diamankan ketika tim WFQR sedang melakukan patroli rutin dan melihat adanya kapal Tugboat sedang menarik tongkang dengan gerak yang mencurigakan.

Tim pun mendekati kapal motor tersebut dan menghentikanya pada posisi 00 derajat 31′ 282″ LU – 103 derajat 17′ 450″ BT guna melakukan pemeriksaan dan penggeledahan.
“Anggota kemudian melakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Ditemukan pelanggaran awal yaitu kapal dan tongkang tidak layak laut,” ujar Totok, Selasa (8/8).

Dikatakan Totok, pelanggaran lain yang juga ditemukan dari hasil pemeriksaan yakni Tugboat dan tongkang berlayar tanpa Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Muatan alat berat yaitu escavator juga tidak dilengkapi dokumen resmi dan tidak ada manifest.

“Berdasarkan pelanggaran tersebut, kapal, tongkang, alat berat serta kru nya. Diamankan di Pos Pengamat (Posmat) Lanal TBK untuk proses lebih lanjut,” kata Totok.

Selain itu, sambung Totok, dari hasil pemeriksaan. Kapal yang diawaki satu nakhoda dan satu orang Anak Buah Kapal (ABK) tersebut milik M. Sementara tongkang dan alat berat milik IJ.

“Rencananya kapal tersebut hendak menuju Pulau Muda. Mereka berlayar dari penyalai, Kampar,” pungkasnya.(ias)

Respon Anda?

komentar