batampos.co.id – Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Haripinto Tanuwidjaja melakukan kunjungan kerja ke Pulau Laut, Natuna, Jumat (11/8) kemarin.

Kunjungan ke pulau terluar ini untuk menampung aspirasi masyarakat khususnya berkaitan dengan infrastruktur dasar seperti listrik, transportasi, telekomunikasi dan kesehatan.

Dengan menggunakan kapal kayu dan menempuh perjalanan sekitar 4 jam, kedatangan Haripinto disambut pejabat kecamatan, FKPD dan masyarakat Pulau Laut. Selama disana, senator asal Kepri ini mendapat berbagai masukan dan usulan terkait program pembangunan di pulau paling utara Natuna.

“Akhirnya saya bisa sampai juga di Pulau Laut atau pulau terluar NKRI. Nama Pulau Laut cukup santer di kalangan pejabat pusat baik eksekutif maupun legeslatif. Pulau ini banyak menyimpan potensi sumberdaya alam melimpah selain dari posisinya yang strategis berada di laut Natuna utara berbatasan dengan laut China Selatan,” kata Haripinto di Ranai, Sabtu (12/8) kemarin.

Dengan jumlah penduduk sekitar dua ribu jiwa, Pulau Laut saat ini tengah mendapat kucuran pembangunan fisik berupa pembangunan fasilitas kesehatan, embung air bersih, listrik dari PLN serta pelabuhan perintis. Semuanya itu sedang dikerjakan.

Masyarakat di Kecamatan Pulau Laut sambung Haripinto, saat ini sangat berharap listrik segera beroperasi dengan merata. Pasalnya sudah lama sekali mereka tidak mendapat pasokan listrik secara maksimal. Dan lagi, mayoritas masyarakat berprofesi sebagai nelayan dan membutuhkan pasokan es batu yang cukup untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan.

“Tanpa es batu, nelayan tidak bisa menjual hasil tangkapan ikan sampai keluar daerah seperti Tanjungpinang dan Pontianak. Mereka hanya bisa menjual di seputaran Pulau Laut dan pulau Bunguran besar. Hal ini akan saya perjuangkan dan sampaikan kepada rekan di DPR RI dan lintas Kementerian agar di pulau itu bisa dibangun pabrik es. Ini sangat prioritas dan mendesak,” ungkapnya.

Perekonomian masyarakat kata Haripinto, tidak bisa di pisahkan dari pasokan listrik yang memadai. Tentu ini menjadi perhatian berbagai pihak agar kedepan kesejahteraan masyarakat Pulau Laut meningkat.

“Setelah listrik bagus, konektifitas antar pulau juga penting. Seperti transportasi laut yang madai. Tidak kalah penting juga fasilitas jaringan telekomunikasi lancar. Jika tiga poin ini berhasil diwujudkan, maka kesejahteraan masyarakat pulau perbatasan akan lebih maju,” katanya.

Terkait hasil reses ke sejumlah pulau seperti kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Laut, Haripinto mengaku akan menyampaikan hal itu pada rapat paripurna DPD RI dan selanjutnya akan di sampaikan kepada DPR RI dan lintas Kementerian sesuai dengan bidang anggota masing-masing di DPD RI.

“Saya mewakili masyarakat Kepri, saya akan perjuangankan persoalan ini pada lintas kementerian yang menanganinya. Termasuk saya akan dorong pihak PLN pusat agar secepatnya merealisasikan listrik kepulauan,” ujarnya.(arn)

Respon Anda?

komentar