Kamis, 18 April 2024

Cuaca Ekstrim, Penderita Ispa Mendominasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) mengalami peningkatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan. Ini dikarenakan faktor pengaruh cuaca yang tidak menentu terjadi. Hal ini disampaikan Dokter Umum RSUD Bintan, dr Sigit.

Menurutnya hampir setiap harinya diperkirkan ada dua hingga tiga pasien penderita Ispa yang dirawat di RSUD Bintan.

“Rata-rata di sini bulan ini saja penderita Ispa bisa mencapai 70 hingga 90 orang perbulannya. Umumnya mayoritas penderita paling banyak anak-anak, dengan gejala awal seperti demam dan flu,” jelas Sigit, di RSUD Bintan.

Ia menjelaskan faktor utama gejala Ispa ini tentunya disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, serta pengaruh cuaca ekstrim yang tidak menentu.

“Pola makan anak-anak yang sembarangan dengan membeli jajanan yang tidak higienis itu yang sangat berbahaya dan harus lebih diperhatikan lagi oleh orang tua,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya peran orang tua sangat penting dalam menjaga pola makan anak, termasuk jajanan yang setiap harinya dikonsumsi oleh anak-anak di sekolah.

“Yang tak kalah penting juga anak perlu diberi suplemen berupa vitamin yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tidak mudah terserang penyakit,” imbuhnya. (cr20)

Update