ilustrasi

batampos.co.id – Masyarakat yang berada di Kelurahan Rempangcate akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya Puskesmas Rempangcate yang telah selesai dibangun sejak tujuh bulan lalu, sudah dibuka dan bisa melayani pasien di daerah hinterland tersebut.

“Alhamdulillah, mereka yang tinggal di hinterland (pesisir, red) sudah bisa mendapatkan pelayanan yang sama dengan kota,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (15/8).

Saat ini puskemas sudah dilengkapi dengan dokter umum, dokter gigi, perawat, dan bagian umum atau administrasi puskesmas. Warga yang selama ini hanya mendapatkan perawatan di puskesmas pembantu Setokok, bisa berobat di puskesmas Rempangcate.

“Mereka yang tidak mau dirujuk bisa memperoleh perawatan di puskesmas tersebut,” ujarnya.

Untuk fasilitas, puskesmas sudah dilengkapi dengan ruang rawat inap, dan fasilitas pendukung seperti di puskesmas lainnya, termasuk juga obat.

“Soal obat tidak ada masalah, karena kita punya stok obat sudah dilebihkan dari kebutuhan biasanya,” ucapnya.

Dia menambahkan hingga saat ini pihaknya tinggal menunggu surat keputusan kepala puskesmas dan surat keputusan penempatan dari pimpinan.

“Meskipun belum keluar, kita sudah jalan, sekarang kapus masih plt,” tutupnya.

Sebelumnya, pembangunan puskesmas Rempangcate sudah selesai dibangun sejak akhir tahun lalu. Puskesmas senilai Rp 10 miliar ini molor beroperasi dari jadwal semula yakni Januari tahun ini.(cr17)

Respon Anda?

komentar