Gubernur Nurdin Basirun menyerahkan bendara kepada anggota paskibraka saat peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (17/8). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Peringatan Detik-Detik Proklamasi Tingkat Provinsi Kepri ke 72 di pusat di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (17/8). Kegiatan sakral tersebut juga dipadati masyarakat Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup).

“Kita melihat, rasa nasionalisme masyarakat Tanjungpinang luar biasa. Karena turut menyaksikan dan mengikuti rangkaian peringatan Hari Kemardekaan ke-72 ini,” ujar, Abu Bakar warga Dompak di Gedung Daerah, Tanjungpinang, kemarin.

Pantauan di lapangan, suasana diseputaran Jalan Merdeka atau di dekat Gedung Daerah, Tanjungpinang juga terlihat dipadati masyarakat. Bahkan petugas kepolisian harus bekerja ekstra untuk mengatur arus lalu lintas disana. Masih pantauan di lapangan, proses sakral berjalan dengan khidmat. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kepri yang terdiri dari pelajar Kepri menggunakan formasi 72.

Diakhir rangkaian kegiatan, panitia juga menampilkan drama kolosal tentang perjuangan Sultan Mahmud Riayaat Syah dalam menumpas penjajahan Belanda. Adapun atraksinya diperagakan oleh personel gabungan TNI, Polisi, dan para pelajar Tanjungpinang. Drama tersebut diberi tajuk Gerilya Laut pada zaman Kerajaan Riau Lingga di bawah kepemimpinan Yang Dipertuan Muda Sultan Mahmud Riaayat Syah.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, spirit kemardekaan Indonesia ke-72 tahun ini adalah mengajak masyarakat untuk bekerja bersama. Artinya tidak sendiri-sendiri. Menurutnya, bekerja sendiri tentu akan sulit mencapai tujuan pembangunan. Karena itu, pesan kemerdekaan tahun ini hendaklah terus menjadi pegangan agar tujuan mulia kemerdekaan, yaitu masyarakat adil dan makmur segera terwujud.

“Sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini yakni Indonesia kerja bersama, maka perlu kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan Kepri kita ini,” ujar Gubernur Nurdin.

Menurut Nurdin, dengan bekerjasama segala permasalahan di Kepri akan terselesaikan secepat mungkin. Termasuk menggairahkan kembali perekonomian Kepri yang dalam semester pertama tahun ini mengalami perlambatan. Diakuinya, meskipun sebagai seorang pemimpin, dirinya tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak.

“Seiring berjalannya waktu, dan kerja bersama dengan semua pihak terkait, kita terus berupaya menyelesaikan permasalahan dan menaikan perekonomian di Kepri,” papar Nurdin.(jpg)

Respon Anda?

komentar