(Charlie Riedel/AP)

batampos.co.id – Warga AS hari ini bersukacita. Gerhana mataharihanya bisa dilihat dari wilayah AS. Tepatnya di 12 negara bagian dari Oregon hingga ke North Carolina.

Gerhana matahari total akan terjadi selama 2–3 menit dan hanya bisa disaksikan mereka yang ada di Missouri.

Posisi bulan tepat berada di tengah antara matahari dan bumi seperti ini terjadi pada 1979 dan akan terjadi pada 2024. Karena itu, jutaan warga AS diperkirakan memenuhi jalanan, tempat perkemahan, hingga nunut di peternakan demi menikmati momen spesial tersebut.

”Saya rela bepergian jauh demi fenomena alam yang sangat menakjubkan seperti ini,” kata Guy Brandenburg, pensiunan guru dari Washington DC.

Demi melihat gerhana matahari secara sempurna, pria 67 tahun itu rela pergi ke Lander, Wyoming, sambil membawa teleskop yang dimodifikasi sendiri. Dia mengaku sudah dua kali melihat gerhana, ini akan jadi pengalamannya yang ketiga. ”Kamu bisa lihat foto dan video. Tapi, tak ada satu pun yang bisa menggambarkan betapa indahnya pemandangan gerhana,” ujarnya kepada Al Jazeera.

Mereka yang ingin menikmati fenomena alam tersebut diimbau untuk menyiapkan kacamata khusus. NASA sudah merilis nama 12 perusahaan yang memproduksi kacamata khusus gerhana dan mendapatkan sertifikasi dari mereka.

Diperkirakan, jalanan macet karena sekitar 12 juta pasang mata berebut menyaksikan gerhana matahari tersebut. (USAToday/Aljazeera/sha/c16/any)

Respon Anda?

komentar