Sabtu, 20 April 2024

Direktur RSUD Batam Mundur!

Berita Terkait

 

batampos.co.id – Lima bulan jabat Direktur RSUD Embung Fatimah, Gunawan resmi undurkan diri.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menunjuk Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Besok (hari ini, red) ada Plt baru. Sudah (Plt, red) Didi (Didi Kusmarjadi),” sebut, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Selasa (22/8) sore.

Menjadi Plt, salah satu tugas awal Didi adalah yakni mencocokkan data BPJS Kesehatan dan RSUD Embung Fatimah terkait besaran klaim BPJS Kesehatan yang disebut-sebut tertunggak.

“Biar klop, kita padukan saja supaya tak saling menyalahkan,” ucap Rudi.

Terkait pengunduran diri Gunawan, Rudi menyampaikan, adalah hal yang biasa. “Biasalah itu, tak sesuai kita ganti,” imbuhnya mantan wakil walikota ini, sembari berlalu.

Gunawan Budi Santoso, Direktur RSUD. foto: Dalil Harahap / batampos

Dikonfirmasi, Gunawan mengaku telah mengajukan surat pengunduran diri, Senin (21/8). Menurutnya, sesuai dengan yang tertuang dalam surat tersebut, ia ingin fokus pada latar profesinya sebagai konsultan Obgyn/Obstetric dan Gynecology.

“Saya ingin lebih bermanfaat lagi, profesi saya masih langka. Saya mungkin lebih bagus di kegiatan lapangan daripada di kantor,” kata dia.

Ia menyampaikan, menjadi direktur rumah sakit kadang membatasi ruang geraknya berbuat lebih untuk masyarakat. Pernah suatu ketika, dia tak bisa penuhi memberikan pembinaan bagi bidan-bidan di Natuna juga Anambas karena ia tak bisa meningglakan tugasnya sebagai direktur RSUD Embung Fatimah.

“Saya berikan pelayanan untuk masyarakat, pengetahuan bagi bidan-bidan lebih perlu bagi saya. Bidan kalau diperkuat ilmunya harapannya lebih menekan angka kematian ibu dan anak,” imbuhnya.

Gunawan tak menampik, jika fokus ke profesinya bukanlah satu-satunya alasan. Ditanya, apakah ada kaitannya dengan kasus demo tuntut tunjangan jasa medik oleh dokter beberapa waktu lalu, Gunawan mengiyakan namun enggan berkomentar banyak. “(Terkait) itu sebagian ada, saya lebih konsentrasi pada profesi saya, mungkin beri kesempatan yang lebih pada yang lain untuk lebih berkonsentrasi penuh menjadi direktur,” kata Gunawan.

Sementara itu, Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi mengaku belum mendapat surat terkait penunjukan sebagai PLt Direktur RSUD Embung Fatimah. Namun demikian, ia mengaku siap jika benar Wali Kota Batam Muhammad Rudi memberikan kepercayaan tersebut padanya.

“Ini perintah atasan, saya sih siap-siap saja,” ujar Didi.

Menurutnya, merangkap jabatan bukan berat bagi dirinya. Apalagi ia pernah mejabat Direktur RSUD Kepri. “Inshaa allah nggak berat, ini kan sementara juga sebelum ada pengganti permanen (tetap) direktur nanti,” pungkasnya. (cr13)

Update