batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Tanjungpinang di pelabuhan Sri Bintan Pura, Kamis (24/8). Ada 216 JCH yang akan menunaikan ibadah rukun kelima Islam itu melalui Embarkasi Batam.

Kepada seluruh peserta dalam rombongan tersebut, Lis berpesan agar satu sama lain saling mengayomi dan saling peduli. Terlebih ketika di Tanah Suci satu sama lain diibaratkan sebuah keluarga yang mesti saling melindungi dan membantu ketika ada yang kesusahan. “Yang muda juga ikut memerhatikan yang tua. Jangan egois. Niatkan itu semua sebagai bagian dari ibadah, insyallah berkah,” kata Lis.

Yang tak kalah penting ditekankan, Lis juga mengimbau kepada jamaah untuk menjaga kesehatan selama mengikuti proses ibadah haji. Terlebih saat ini, cuaca panas di Makkah berbeda dengan di Indonesia, sehingga dikhawatirkan menguras stamina dan kekebalan tubuh.

Kekompakan juga tak kalah penting. Lis ingin ketua regu harus selalu memastikan anggotanya dalam melaksanakan ibadah secara bersama-sama, jangan sampai ada yang terpisah. Tetap menjaga kebersamaan, saling membantu antara satu sama lain, serta menjaga lisan dan sikap selama di sana. “Doakan juga untuk kebaikan Tanjungpinang ke depannya,” ujar Lis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, M. Nasir menjelaskan Jamaah Calon Haji asal Kota Tanjungpinang yang akan diberangkatkan sebanyak 216 orang, terdiri dari jamaah calon haji perempuan sebanyak 120 dan laki-laki 88 orang. 216 para calon haji ini berasal dari Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 92 orang, Kecamatan Tanjungpinang Barat 48 orang, Kecamatan Bukit Bestari 71 orang dan Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 5 orang. (aya)

Respon Anda?

komentar