Panitia menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba memancing di Dermaga Dabo Singkep, Minggu (27/8). F Wijaya Satria/Batam Pos.

batampos.co.id – Dermaga Dabo Singkep tampak berbeda dari biasanya, Minggu (27/8) sore lalu. Sebanyak 190 pemancing terlihat mengikuti lomba memancing ikan dalam rangka memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan ke 72 RI. Mereka berlomba untuk mendapatkan ikan paling besar, agar dapat membawa pulang hadiah yang telah disiapkan panitia.

“Kami telah siapkan piala, kerek pancing, kaos, jeran dan sebagainya untuk hadiah bagi pemenang dalam lomba mancing kali ini. Total hadiah sekitar delapan juta lebih,” ujar Penanggungjawab pertandingan, Saptono Mustakim ketika ditemui di lokasi pertandingan.
Menurutnya lomba memancing ikan kali ini disambut dengan antusias yang tinggi bahkan dari masyarakat luar Dabo Singkep seperti, warga Kecamatan Pancur dan Warga Penuba.
Karenanya, ke depan, kata pria yang pernah menjabat Wakil Bupati Lingga tersebut, akan menggelar pertandingan lainnya yakni pertandingan menjaring ikan. “Kalau pertandingan menjaring nanti akan diambil nilai paling banyak mendapatkan ikan. Kalau perlombaan memancing ini pemenangnya yang mendapat ikan paling besar,” kata Saptono.
Saptono menambahkan, menggelar kegiatan lomba memancing ini bukan tidak berlandaskan tujuan yang bagus. Lomba memancing ini, sambung Saptono, menjadikan masyarakat agar lebih cinta kepada laut beserta sumber yang terkandung di dalamnya.
Setelah mencintai bahari, aku Saptono, tentunya masyarakat secara otomatis mau menjaga keberlangsungan kelayaan biota laut dengan menjaga kebersihan dan menghindari tindakan yang merugikan seperti menggunakan pukat trawls, bom ikan ataupun tidak lagi membuang sampah ke laut.
Menurut salah seorang peserta lomba, Joly mengataka, perlombaan seperti ini mesti menjadi agenda rutin di Dabo Singkep. Sehingga dapat memberikan hiburan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar yang turut berpartisifasi.
Pertandingan yang hanya memberikan waktu selama empat jam kepada seluruh peserta ini akhirnya mendapatkan juara I yang diraih oleh peserta dengan nomor 050 setelah mendapat ikan buntal seberat 0,3 kg. Sedangkan juara II diraih Abun yang juga berhasil mendapatkan ikan buntal, juara III Limi dengan mendapatkan ikan kerapu dan juara IV diraih Mikel. (wsa)

Respon Anda?

komentar