Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura (kanan) menerima penghargaan PR Indonesia Best Communicators 2017 kategori CEO Perusahaan Swasta Regional.
Penghargaan diberikan langsung Komisaris PR Indonesia, Ahmad Djanuar pada puncak penutupan Jambore PR Indonesia (Jampiro) yang ketiga di Yogyakarta, Jumat (25/8) F. humas pln batam

batampos.co.id – Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura kembali meraih penghargaan PR Indonesia Best Communicators 2017 kategori CEO Perusahaan Swasta Regional. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Komisaris PR Indonesia, Ahmad Djanuar pada puncak penutupan Jambore PR Indonesia (Jampiro) yang ketiga di Yogyakarta, Jumat (25/8).

“Penghargaan ini sangat fair dan objektif karena tokoh-tokoh yang menerima penghargaan sama sekali tidak mengetahui jika mereka sedang dinilai, termasuk saya sendiri. Tahunya sudah diundang dan dapat penghargaan,” jelas Dadan.

Lebih lanjut Dadan mengungkapkan, komunikasi adalah unsur yang sangat penting bagi perusahaan. “Komunikasi merupakan urat nadi dari sebuah perusahaan, segala sesuatu yang kita kerjakan dan lakukan jika tidak dikomunikasikan dengan baik maka publik tidak akan tahu, sehingga hasilnya tidak optimal. Apalagi bright PLN Batam sebagai pelayan masyarakat, pengelola infrastruktur vital (penting) yang menyangkut kepentingan khalayak banyak,” tambah Dadan.

Dadan berharap, penghargaan ini dapat dipertahankan untuk mengapresiasi dan mendorong para pemimpin di berbagai sektor dan PR seluruh Indonesia untuk dapat terus menjadi komunikator yang baik. “Saya mengucapkan selamat atas penghargaan ini. Seraya berharap kepada seluruh praktisi PR di Indonesia terus menjadi garda terdepan dalam perusahaan dengan upaya memperkuat reputasi lembaga, organisasi, korporasi, bahkan bangsa melalui aktivitas public relations yang mumpuni,” bebernya lagi.

Diketahui, PR Indonesia Best Communicators 2017 merupakan penghargaan yang diberikan kepada para pemimpin negara, wilayah, dan korporasi dengan eksposur tinggi dengan sentimen positif di 13 media cetak nasional arus utama. Di samping itu, mereka juga memiliki passion berkomunikasi yang tinggi di tengah publik atau masyarakat yang dipimpinnya.

“Pemimpin negara, wilayah, dan korporasi yang memiliki kemampuan berkomunikasi baik melalui medium yang tepat, sungguh memiliki keistimewaan. Mereka akan dicintai oleh publik, pemangku kepentingan, maupun rakyat dan stafnya di kantor. Apalagi kemasan komunikasi mereka dipikirkan dengan strategi PR yang memadai,” kata Founder dan CEO PR Iindonesia, Asmono Wikan.

Asmono menyampaikan, salah satu tugas yang melekat pada seorang pemimpin adalah menjadi komunikator. Sejarah mencatat, para pemimpin hebat adalah para komunikator ulung. Mereka bisa menyampaikan pesan secara jelas dan jernih kepada publik pada situasi yang terus berubah.

Untuk memilih para pemenang tersebut, PR Indonesia bekerjasama dengan perusahaan intelijen media, Indonesia Indicators. Penentuan Best Communicator 2017 dilakukan berdasarkan penelusuran melalui mesin Intelligence Media Management (IMM) berbasis Artificial Intelligence secara real time selama periode 1 Januari hinga 30 Juni 2017.

Nama-nama tokoh terpilih banyak disebut dalam pemberitaan 13 media cetak nasional dengan sentimen yang positif. Ketigabelas media tersebut yakni Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Koran Tempo, Majalah Tempo, Media Indonesia, The Jakarta Post, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, Indo Pos, Jawa Pos, Koran Sindo dan Republika.

“Kami mencari nama-nama tokoh yang paling banyak disebut dalam pemberitaan (kuantitas ekspos), yang dikombinasikan dengan tonality (sentimen), dan konten pemberitaan,” kata VP Communications Indonesia Indicators, Hannie Kusuma.

Menurutnya, para tokoh yang terpilih merepresentasikan kinerja personal maupun institusi atau korporasi.

Selain penghargaan Best Communicators, seperti tahun sebelumnya, pada Jampiro kali ini juga digelar sejumlah penghargaan lain sebagai wujud kaderisasi dan regenerasi para praktisi PR. Antara lain Insan PR Iindonesia, PR Indonesia Fellowship, Icon PR Indonesia dan PR Indonesia Rookie Stars Competition. (hgt)

 

Respon Anda?

komentar