Petugas memberi makan sapi yang akan dikurbankan. F. Cecep Mulyana/Batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, telah mengeluarkan 190 surat keterangan kesehatan untuk hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1438 H.

Jumlah tersebut didapat dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan tim medis Dinas Pertanian, terhadap hewan Qurban di lapangan.

Hal ini disampaikan Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bintan, Drh Iwan Berri Prima, saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban di salah satu peternak sapi yang berada di Kampung Colek Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Selasa (29/8).

Ia mengatakan, Dinas Pertanian tentunya akan terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap seluruh hewan Qurban. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelayakan terhadap hewan Qurban yang akan disembelih di Kabupaten Bintan, pada Hari Raya Idul Adha, yang berjumlah sebanyak 243 ekor.

“Sebelum hari H nanti, kita akan pastikan 178 ekor sapi dan 65 ekor kambing yang akan di Qurban kan nanti harus sudah layak kesehatannya untuk disembelih. Dan ini bisa dilihat dari hasil surat keterangan yang sudah kita keluarkan setelah dilakukannya pemeriksaan,” jelasnya.

Ia menuturkan pemeriksaan yang dilakukan terhadap hewan kurban diantaranya, mulai dari jenis kelamin, umur dan berat badannya.

“Semua pemeriksaan akan kita lakukan secara berkala,” katanya.

Iwan menjelaskan pemeriksaan ini tentunya sangat penting untuk dilakukan, mengingat jumlah hewan kurban pada tahun ini juga meningkat dibandingkan tahun lalu yang berjumlah sebanyak 204 ekor.

Selain itu, lanjutnya meskipun sudah diperiksa dan dipastikan sehat, tim medis juga akan kembali lagi memeriksa seluruh sapi dan kambing yang akan di kurbankan pada saat penyembelihan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kelayakan hewan saat mau disembelih.

“Kondisi kesehatan hewan kurban bisa saja setiap harinya berubah. Untuk itu, kita akan lakukan langkah antisipasi dengan memeriksa ulang kembali saat mau dipotong. Ini untuk meyakinkan kelayakannya,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar