Poster Sultan Mahmud Riayat Syah saat memimpin Kesultanan Lingga. F.Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun optimis Sultan Mahmud Riayaat Syah III dinobatkan sebagai pahlawan nasional tahun 2017 ini. Dirinya berharap gelar tersebut bisa menjadi kado istimewa bagi hari jadi Provinsi Kepri ke 15 tahun. Atas dasar itu, Gubernur meminta dukungan politis legislator dan senator Kepri yang ada di Senayan.

“Kita telah berusaha dan ini adalah usaha yang kedua. Mudah-mudahan niat kita bersama dikabulkan oleh Allah SWT,” ujar Gubernur Nurdin, Selasa (29/8) di Tanjungpinang.

Mantan Bupati Karimun tersebut mengatakan, gelar pahlawan nasional tentu sangat istimewa bagi Pemerintah Provinsi Kepri. Karena merupakan gelar perdana. Apalagi dua gelar lainnya tidak murni didapatkan Kepri. Lantaran masih bersama dengan Provinsi Riau. Menurut Gubernur, masyarakat Kepri tentu sangat menanti-nanti untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Dikatakannya, Provinsi Kepri akan menyambut hari lahir ke 15 tahun pada 24 September mendatang. Meskipun pengumuman gelar tersebut adalah pada 10 November nanti. Bagi Gubernur Nurdin, apabila gelar tersebut didapat tentu menjadi sesuatu yang istimewa. Diakui Gubernur, dari catatan sejarah, perjuangan Sultan Mahmud Riayaat Syah telah nyata memberikan kontribusi yang signifikan dalam melawan penjajahan Belanda.

“Kita juga memberikan apresiasi kepada tim sudah bekerja keras untuk melengkapi syarat-syarat untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Mudah-mudahan terbayarkan dengan mendapatkan gelar pahlawan,” tutup Gubernur.

Sebelumnya, Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) telah menyimpulkan, ada dua kandidat yang layak untuk menyandang status Pahlawan Nasional tahun 2017 ini. Mereka adalah Sultan Mahmud Riaayat Syah (SMRS) III dari Provinsi Kepri dan Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Dari 10 nama yang masuk dalam daftar sidang TP2GP, hanya dua nama itulah yang direkomendasikan ke Presiden Jokowi,” ujar Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kepri, Abdul Malik. (jpg)

Respon Anda?

komentar