Kendaraan yang diangkut kapal roro baru tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban. F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Libur Idul Adha dan akhir pekan diprediksi membuat lonjakan kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Tanjunguban.

PT ASDP Cabang Batam menambah rute penyeberangan dari Tanjunguban-Batam maupun sebaliknya. Supervisi PT ASDP Cabang Batam di Tanjunguban, Anis yang dihubungi
Batam Pos menuturkan, sejauh ini belum terjadi lonjakan.
Pantauan kendaraan dan penumpang yang menyeberang ke Batam masih normal. Akan tetapi pihak ASDP Cabang Batam tetap mengantisipasi lonjakan kendaraan dan penumpang pada libur Idul Adha dan akhir pekan.
“Sore ini masih normal aja. Tapi untuk besok (hari ini) ada penambahan 1 trip. Rencana akan dibuat layanan penyeberangan kapal sampai jam 19.30 malam pada tanggal 1 September sedangkan tanggal 2 dan 3 September terakhir sekitar pukul 19.00 malam,” tuturnya.
Ini juga katanya berlaku untuk penyeberangan Batam ke Tanjunguban. Ditanya prediksi lonjakan, ia belum bisa memastikan kenaikannya.
Menurutnya, ada terjadi lonjakan kendaraan dan penumpang namun tidak seperti lonjakan yang terjadi pada Hari Raya Idul Fitri. “Pengalaman yang sudah sudah tidak terlalu padat, masih lancar, tetap kita tetap antisipasi dengan menambah trip. Jika hari biasa 10 trip dari Tanjunguban ke Batam, besok (hari ini) menjadi 11 trip. Berangkatnya tetap 1,5 jam sekali,” tuturnya.
Ia menambahkan saat ini ada 4 kapal yang melayani penyeberangan Tanjunguban ke Batam dan sebaliknya. Namun tanggal 4 atau 5 September nanti ada 1 kapal yang akan naik docking. Kepada masyarakat pengguna kapal roro, ia mengimbau akan menjaga kondisi kesehatan dan tetap mematuhi aturan selama berada di dalam kapal. Untuk cuaca, ia menyebutkan, sejauh ini masih angin saja, sedangkan ombak tidak terlalu tinggi.
“Alat keselamatan sudah disiapkan di seluruh armada kapal. Itu penting sefty,” tukasnya. (cr21)