Seorang pekerja sedang melakukan pengerjaan pagar lapangan Engku Putri di Pemko Batam, Senin (4/9). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Cipta Karya Kota Batam tengah membangun pagar setinggi 2,6 meter di Dataran Engku Putri. Nilai anggaran pembuatan 204,7 meter pagar itu bernilai Rp 1.399.231.000.

Awalmnya, alun-alun Kota Batam ini tak berpagar, kemudian dipagar setinggi sekira 1 meter.

Pantauan Batam Pos, Senin (4/9) beberapa pekerja nampak sibuk memasang pagar besi di sebelah Selatan Dataran Engku Putri. Tinggi pagar yang dipasang menyamai tinggi pagar Kantor Walikota Batam. Pemasangan pagar tinggi itu dilaksanakan oleh PT Zoe Pesona Abadi.

Kabag Humas dan Protokol Pemko Batam, Ardi Winata mengatakan kontrak pembangunan pagar dilakukan sejak 7 Juni 2017 lalu. Dalam tender, diperkirakan bangunan pagar tersebut akan selesai pada 3 November depan.

“Selesai bulan November mendatang. Tinggi pagar tersebut, 2,6 meter. Menyamai dengan tinggi pagar Kantor Walikota. Agar terlihat indah,” terang Ardi, Senin (4/9).

Dikatakannya, proses pemasangan pagar dataran Engku Putri dilakukan secara bertahap. Pengerjaan pertama dilakukan untuk bagian selatan Dataran Engku Putri dengan nilai kontrak Rp 1.399.231.000.

“Pembangunan untuk sebelah sisi saja. Tahun depan dianggarkan untuk sisi lainnya. Jadi bertahap,” ungkap Ardi.

Dijelaskan Ardi, pembangunan bertujuan untuk memberi ruang lebih nyaman untuk masyarakat. Apalagi saat ini Engku Putri sudah termasuk ikon nya Batam, sehingga harus lebih diperindah.

“Selain keindahan, untuk keamanaan juga. Kita juga menjaga agar nilai estetika taman itu tak jelek. Sebab, banyak yang sering meloncati pagar dan akhirnya merusak tanaman sekitar,’ pungkas Ardi. (she)

Respon Anda?

komentar