Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian meninjau ruang pojok baca di Gedung Samsat Kepri yang baru diresmikan, Selasa (5/9). Pojok baca di Kantor Samsat, bisa dimanfaatkan warga membaca saat menunggu pembayaran pajak. F Cecep Mulyana/Batam Pos
Iklan

batampos.co.id – Masyarakat yang membayar pajak di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kepri di Batamcenter, dapat menikmati layanan pojok baca. Di sudut ruangan Samsat, terdapat sedikit ruang yang menyuguhkan berbagai buku.

“Ide untuk membuat pojok baca ini, untuk mengajak masyarakat Batam agar selalu membaca buku untuk menambah informasi dan pengetahuan,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Selasa (5/9).

Ia merasa selama ini, minat baca masyarakat cukup rendah. Sehingga perlu ruang-ruang publik, yang menyediakan buku. Dengan adanya ruang baca ini, diharapkan dapat menggugah keinginan membaca masyarakat.

“Di mulai dari Kantor Samsat dulu,” ujarnya.

Sam mengatakan, orang pintar selalu membaca berbagai informasi. Dan informasi itu tersedia di buku, koran, dan majalah. Pojok baca di Kantor Samsat, kata Sam diharapkan juga meningkatkan indeks kepuasaan masyarakat saat mengurus perpajakan.

Untuk menambah koleksi buku di Pojok Baca Kantor Samsat, Sam memerintahkan kepada jajarannya untuk menyumbangkan buku-buku yang bermanfaat.

“Untuk perwira atau Bintara dapat menyumbangkan bukunya,” ujarnya.

Pojok Baca ini mendapatkan bantuan buku dari BP dan Pemko Batam. Pihak BP Batam menyumbangkan sebanyak 500 buku, dan perpustakaan 450 buku. Ke depannya, pihak Samsat akan meminta bantuan buku ke pihak Perpustakaan Nasional sekitar 250 buku dan Duta Baca Nasional.

Sam menuturkan sudah tak zaman lagi, masyarakat bayar pajak dipersulit. Dan ia berusaha menghilangkan penghalang antara petugas dan masyarakat.

“Kalau sekat-sekat itu tak ada, pembayaran jadi lancar. Orang bayar pajak kok dipersulit, harusnya lebih gampang. Sekarang, ia menilai layanan pajak jauh lebih baik,” tuturnya.

Selain Pojok Baca, di Kantor Samsat Kepri juga menyediakan tempat merokok, tempat bermain anak, lansia, dan ibu menyusui. Ruangan-ruangan ini, untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat saay membayat pajak di Kantor Samsat. (ska)