Ilustrasi (Wahyu Kokang/Jawa Pos)

Van der Valk Hotel di kawasan Bandara Charleroi, Brussels, Belgia, menyediakan layanan rent-a-fish. Sewa ikan. Penyewa yang berminat bakal mendapatkan sebuah akuarium mini di kamar. Lengkap dengan ikan mas dan perlengkapannya.

Hal itu diungkap Michelle Cooke via Twitter. ”Temanku menginap di sebuah hotel di Belgia. Mereka menawarkan persewaan ikan, jaga-jaga kalau dia kesepian,” tulisnya.

Cuitan tersebut mendapat tanggapan beragam. Mulai yang tertarik dengan layanan itu sampai yang mengkritik pihak hotel karena menilai semena-mena terhadap si ikan (yang mendapat bayaran EUR 3,5 atau Rp 55 ribu semalam).

David Dillen, manajer hotel, menjelaskan, seluruh ikan mas yang bisa dipakai, ehbisa disewa, tersebut dipelihara dengan baik.

”Mereka tinggal di akuarium besar ketika sedang tidak ’bertugas’. Rumah mereka dilengkapi pelindung, oksigen, dan tanaman,” ungkapnya.

Dillen menambahkan, seluruh ikan di sana rata-rata telah ”mengabdi” empat tahun. Menurut dia, ikan mas telah menjadi ciri khas hotel tersebut.

”Banyak yang menyewa dan mengunggah foto mereka bareng si ikan di media sosial,” ucap dia.

Sepertinya rent-a-fish bisa diujicobakan di Indonesia. Jadi, kita tak perlu ribet cari teman saat menginap. Lebih murah pula. (Independent/fam/c9/na)

Respon Anda?

komentar