batampos.co.id – Masyarakat Kepri kembali mendapat kemudahan baru dalam melakukan transaksi keuangan. Kemudahan itu hadir lewat aplikasi berbasis Android, BI-Santun yang diluncurkan di Gedung BI Perwakilan Kepri, Rabu (6/9).

“BI-Santun hadir untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat karena mempercepat dan mempermudah penukarang uang melalui bank,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putera, Rabu (6/9).

Apa saja kelebihan dari aplikasi ini. Gusti mengatakan masyarakat dapat meminta order penukaran uang lewat aplikasi ini. Namun sebelumnya harus menentukan jumlah penukaran, rincian pecahan yang diperlukan dan jam pengambilan ke bank.

“Semua hal yang diperlukan masyarakat sudah terdapat dalam aplikasi tersebut. Dan setelah itu bank akan mempersiapkan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Hingga saat ini, ada 35 bank di Batam yang terdaftar dalam aplikasi ini.”Ada 35 bank yang melayani, masyarakat kasih order lewat aplikasi. Tak perlu lagi ke bank untuk mendaftar,” katanya.

Disamping itu, aplikasi ini juga akan diisi oleh informasi penting lainnya dari BI. Contohnya informasi mengenai ciri-ciri uang palsu dan uang yang sudah tak layak edar lagi.

Dengan aplikasi ini juga BI dapat memantau perputaran uang di Kepri lebih baik lagi. Namun sayangnya aplikasi ini baru bisa digunakan di Batam saja. Selain itu baru bisa dinikmati untuk versi android saja.

“Tahap pertama dulu di Batam saja. Kita akan lihat respon masyarakatnya dulu. Kalau bagus nanti pelan-pelan kita ke Tanjungpinang, Karimun, Lingga, Natuna dan lainnya,” ungkapnya.

ilustrasi

Dalam mengembangkan aplikasi ini, BI bekerjasama dengan Fingerfast Laboratory-PT Global Teknologi Media Baru sebagai pengembangnya.

Direktur Fingerfast, Ammar Satria mengatakan BI-Santun diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang Rupiah pada jenis apapun. Masyarakat yang ingin menukarkan uang diwajibkan memiliki akun terlebih dahulu dengan cara mendaftar pada aplikasi ini.

“Setelah user punya akun, maka bisa mengatur jadwal tukar uang Rupiah pada terdekat yang terdaftar di aplikasi ini. Masyarakat tidak perlu antri lagi dan dapat kepastian dalam penukaran uang di mitra perbankan,” jelasnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, maka bisa diunduh lewat Google Play Store.(leo)

Respon Anda?

komentar