Jumat, 29 Maret 2024

Jodoh Boulevard akan Jadi Pusat Kuliner

Berita Terkait

Jodoh Boulevard drekondisi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Taman Jodoh Boulevard akan dijadikan pusat kuliner. Sebelum, langkah ini diambil taman yang lama mangkrak itu bakal dirobohkan terlebih dahulu.

“Kami punya desain sendiri, taman ini jadi pusat kuliner,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, usai gotong royong di Taman Jodoh Boulevard, Rabu (6/9)

Tak sembarang pusat kuliner, kelak lokasi ini akan didesain dengan konsep yang modern. Akan diberi atap yang dihubungkan dari sisi komplek ruko kiri dan kanan taman. Seiring penataan taman ini, kawasan Tanjungpantun secara umum juga ditata, yang mana kawasan ini bebas kendaraan.

“Parkir secara khusus kami siapkan, orang masuk ke sini jalan,” katanya.

Untuk pusat kuliner yang ia maksud, pihaknya membuka kesempatan pihak ketiga untuk mengelola, baik dalam bentuk koperasi maupun badan usaha yang lain atau lazim disebut pihak swasta. “Kita desain, swasta aja yang bangun,” ucapnya.

Dalam pengelolaanya walu diserahkan ke swasta, pihaknya akan mengatur. Secara rinci aturan yang ia sebut belum ia sebutkan. Namun yang jelas aturan kelak akan menguntugkan pengelola maupun pedagang. “Misal sewa berapa, kita atur supaya tak beratkan pedagang dan swasta untung, tapi tidak ambil untung yang besar-besar,” paparnya.

Gelar Goro Massal Pegawai

Sementara itu, Rabu (6/9) sejak pukul 06.30 pagi hingga siang, pegawai Pemko Batam ikut serta dalam gotong royong (goro) membersihkan Taman Jodoh Boulevard. Untuk diketahui, Senin (4/9) pedagang kaki lima (PKL) membongkar sendiri lapaknya.

“Kami tata,” kata Rudi yang turut ikut goro.

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemko Batam melakukan gotong royong masal membersihkan kawasan Jodoh Boulevard, Rabu (6/9). F Cecep Mulyana/Batam Pos

Menurutnya, tak hanya bebas PKL, fisik taman kini akan diratakan. Namun dalam prosesnya, ia akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri sebagai pemilik aset taman. Rudi mengatakan, walau aset taman adalah milik Pemprov Kepri, namun aset tersebut berdiri di atas tanah milik Pemko Batam.

“Puing-puing kita bersihkan semua. Tapi karena ini aset negara maka ada prosesnya,” kata dia.

Pembersihan Jodoh Boulevard ini melibatkan Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertamanan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selain itu camat dan lurah se-Kecamatan Batuampar serta unsur pimpinan kecamatan (Uspika) juga turut ambil bagian. (cr13)

 

Update