Petugas PMI Batam saat melakukan tes darah kepada imigran sebelum melakukan donor darah di Hotel Kolekta Nagoya, (7/9). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak puluhan imigran yang ditampung di Hotel Kolekta ,ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan sosial kemanusiaan yang digelar oleh International Organization Migrant (IOM) bersama dengan PMI Batam dan Imigrasi Batam, Kamis (7/9) siang.

Donor darah yang kesemua pendonornya adalah imigran ini digelar sebagai rasa terima kasihnya dalam wujud mendonorkan darahnya ke masyarakat Batam.

“Inilah wujud rasa terima kasih para imigran kepada masyarakat Batam. Kegiatan sosial ini adalah konsep dari IOM wilayah utara yakni Pontianak, Batam dan Tanjungpinang,” ujar koordinator IOM wilayah utara, Pierre King.

Satu per satu imigran pendonor darah sebelum diambil darahnya, terlebih dahulu oleh dokter PMI Batam dicek golongan darahnya apakah layak atau tidak untuk didonorkan.

Sementara kedatangan Imigrasi Batam di bidang seksi pengawasan sendiri pada saat kegiatan donor darah, sifatnya adalah mengawasi kegiatan donor darah.

“Kami di sini hanya pengawasan saja, mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan imigran di Batam,” ujar petugas Imigrasi Batam, Versius.

Jumlah imigran di Batam sendiri totalnya saat ini ada sebanyak 360 lebih. Sebanyak 150 imigran berada di detensi Sekupang, sisanya di Hotel Kolekta.

Bulan depan IOM juga akan menggelar kegiatan sosial yang melibatkan imigran di Sekupang yakni menanam seribu bibit pohon. (gas)

Respon Anda?

komentar