Dua orang turis Asing berjalan sambil menikmati suasana Dataran Engku Putri Batamcenter, Senin (4/9/2017). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menjamin keselamatan Warga Negara Asing (WNA) di Kepri, selama tidak berbuat tindakan kriminal. Hal itu diutarakan Kapolda saat bertemu dengan dengan Konsulat Jepang Takeshi Ishi, Rabu (6/7).

Terkait pertemuan ini, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga mengatakan bahwa pihaknya selama ini selalu memberitakan perhatian khusus untuk WNA, termasuk warga negara Jepang.

“Kapolda, kemarin (7/9) mengatakan ada pengamanan khusus untuk setiap WNA. Tentu warga negara Jepang juga,” katanya, Kamis (7/9).

Erlangga mengatakan kedatangan Takeshi Ichi, karena melihat banyaknya WN Jepang yang bekerja di Batam. “Orang Jepang banyak bekerja di sektor Industri di sini,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Takeshi Ichi meminta Kapolda Kepri untuk memberikan perhatian khusus pada warganya di Batam. Erlangga mengatakan selama ini, pihak kepolisian belum pernah mengusut atau memeriksa orang Jepang yang bermasalah dengan hukum di Kepri. “WN Jepang selama ini gak ada masalah,” tuturnya.

Saat ditanya apakah ada juga membahas terkait isu ekonomi. Erlangga menjawab pertemuan selama 30 menit ini, hanya membahas soal keamanan warga Jepang. “Tak ada yang lain. Mereka (Konsul Jepang) berharap kerjasama dan koordinasi yang lancar terus terjalin,” tuturnya.

Saat pertemuan itu Kapolda Kepri didampingi oleh Kabid Humas Polda Kepri, Kabid Propam Polda Kepri dan Kabag Analis Ditintelkam. (ska)

Respon Anda?

komentar