Sejumlah anggota DPRD Batam memberikan selamat kepada Helmy Helminton menjadi Wakil Ketua DPRD Batam Ketua saat rapat paripurna dengan agenda usulan pengangkatan Pimpinan DPRD Batam Fraksi Demokrat sisa jabatan 2014-2019, Jumat (8/9). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jabatan Tengku Hamzah Husen sebagai Wakil Ketua 3 DPRD Kota Batam akhirnya resmi dipindah tangankan ke Helmi Helmiton. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto dalam rapat paripuna pergantian Wakil Pimpinan di Aula Kantor DPRD Batam, Jumat (8/9).

Iklan

“Memberhentikan Tengku Hamzah Husen dari jabatan Wakil Ketua 3 DPRD Kota Batam. Jabatan ini diserahkan ke Helmi Helmiton,” kata Nuryanto dalam sidang yang terbuka untuk umum.

Dikatakan Nuryanto, surat pergantian pucuk pimpinan partai Demokrat di DPRD Kota Batam telah diusulkan DPC Demiokrat sejak 10 Agustus lalu. Namun, Tengku Hamzah Husen sempat meminta waktu untuk ditunda pergantian tersebut.

“Atas surat tersebut DPRD Kota Batam telah berkonsultasi dengan Propinsi Kepri,” terang Nuryanto.

Menurut dia, DPRD Kota Batam pernah meminta klarifikasi terkait permintaan pergantian Tengku Hamzah dengan Helmi. Apalagi sempat ada dua pendapat antara DPC dan DPD Partai demokrat.

“Dan hal itu sudah kami klarifikasi kebenaraanya. Akhirnya menyerahkan jabatan yang kini dijabat Tengku Hamzah ke Helmi Helmiton,” tegas Nuryanto.

Helmi yang ditemui usai rapat mengatakan reposisi jabatan Wakil Ketua 3 DPRD Batam sebenarnya sudah tahun lalu hendak diajukan. Namun proses tersebut baru bisa berjalan usai Pilkada DKI. Ia pun tengah menunggu proses selanjutnya, untuk pemberitahuan ke Walikota Batam dan mendapat SK dari Gubernur.

“Alasan pergantian ada banyak hal. Salah satunya disipliner atau jarang masuk (Tengku Hamzah). Dan beberapa alasan lainnya yang tak bisa saya sebut semua,” terang Helmi.

Bahkan, Helmi tak membantah alasan lambatnya proses pergantian karena konflik ditubuh partai Demokrat. Namun hal itu kini sudah selesai.

“Ya ada konflik,” tegas Helmi.

Meski begitu, Helmi tak mau menjelaskan seperti apa konflik yang tengah terjadi. Ia malah mengalihkan jika kedepannya akan bersinegri dengan pimpinan DPRD Kota Batam untuk mengedepankan fungsi DPRD Kota Batam, khususnya untuk mengkordinir Komisi IV.

“Untuk posisi Hamzah, terserah dia dimana. Bisa mengantikan posisi saya atau dikomisi III. Ini reposisi ya, karena usulan fraksi dari DPP dan DPD,” jelas Helmi.

Sementara itu, Tengku Hamzah Husen belum bisa dikonfirmasi terkait pergantian tersebut. (she)