Jumat, 19 April 2024

Drainase Mangsang Dilebarkan, Warga Tak Lagi Cemas Banjir

Berita Terkait

Kondisi drainase di Perumahan Mangsang Permai Seibeduk yang sedang dikerjakan Dinas Bina Marga Kota Batam.
Foto: Yulianti/ batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam terus menggesa perbaikan drainase di sejumlah wilayah di Kota Batam. Salah satunya drainase yang ada di Mangsang Permai Seibeduk.

Pantauan Batam Pos, drainase yang sebelumnya mengalami penyempitan sudah terlihat lebih luas. Di tepi drainase dipasang semen beton penahan longsor.

Warga sekitar mengatakan perbaikan drainase tersebut mulai terasa dampaknya. Warga juga mengaku tak cemas banjir lagi.

“Di sini langganan banjir, sebab drainasenya sempit dan sering longsor,” ujar Ida, warga Kavling Mangsang Permai, Minggu (10/9).

Dia mengatakan setiap hujan turun, air dari drainase tersebut meluap ke badan jalan bahkan masuk ke rumah warga.”Alhamdulillah, sejak dilebarkan, banjir tak sampai masuk rumah kami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan pihaknya terus menggesa pembangunan drainase guna menuntaskan permasalahan banjir yang terjadi di kota Batam.

Ia berharap pelebaran ini bisa segera rampung pengerjaanya, sehingga tidak ada rumah warga yang terendam banjir saat debit air meningkat.

“Kita maunya besarlah pasti dan sanggup menampung debit air, luasan drainse bisa 5-7 meterlah,” katanya kemarin.

Ke depan pihaknya akan melebarkan drainase hingga menuju laut. Ia menyebut saat ini masih banyak drainase induk yang belum ideal dan memerlukan pelebaran.

“Drainase hilir jadi harus besar, karena seluruh aliran air bermuara di sana sebelum ke laut. Asal ada lahan kita akan perluas,” terangnya. (cr19)

Update