Sejumlah pekerja saat melakukan pengerjaan proyek jalan di Simpang Jam F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pembangunanan jalan layang Simpangjam dipastikan tidak akan selesai tahun ini. Pembangunannya molor karena proyek pembangunan taman masih dalam tahap mencari pemenang tender.

“Jika bicara proyek fisik, maka sudah rampung, tinggal pengecoran tahap akhir pada bulan ini. Namun sekarang tinggal menyelesaikan proses akhir,” kata Kepala Satuan Kerja (Satker) Flyover Simpangjam, Andre Sahat Tua Sirait, Senin (11/9).

Berbicara mengenai progres pembangunan Flyover Simpangjam maka sudah mencapai 88 persen.”Proses akhir itu meliputi proses pengecetan beton, pembuatan ukiran-ukiran khas Melayu dan pembuatan empat taman di masing-masing empat penjuru Simpangjam,” jelasnya.

Untuk tahapan pembuatan taman, Andre mengaku saat ini masih dalam tahap sayembara untuk menentukan pemenangnya.”Saya belum tahu detail siapa saja yang mengikuti, tapi ada empat perusahaan yang telah mendaftar. Proses pembangunannya sendiri akan dilakukan tahun depan,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bagian Humas (Kabaghumas) Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Ardiwinata mengatakan sayembara desain taman mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi yang tercantum dalam pasal 5 ayat 1 dan 2 dan juga berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan barang dan Jasa Pemerintah dan Peraturan Sayembara yang dikeluarkan oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Tahun 2004.

Pengumuman sayembara desain telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Sedangkan waktu pendaftaran dimulai selama bulan September.

“Formulir Pendaftaran dan KAK dapat diambil di Kantor Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perakimtan Kota Batam atau dapat diakses melalui website Pemerintah Kota Batam:http://lpse.batam.go.id. Pendaftaran tidak dipunggut biaya alias gratis,” tegas Ardi.

Menurut dia, sayembara itu dapat diikuti oleh umum, mahasiswa, dan profesional yang berkompeten dengan ilmu arsitektur dan arsitektur lansekap, mulai umum hingga kelompok.Tiap peserta perorangan maupun kelompok dapat memasukkan lebih dari satu karya dengan melakukan pendaftaran yang berbeda.

“Pendaftaran dimulai awal September hingga akhir September. Saat ini panitia tengah menyiapkan juri,” terang Ardi. (leo)

 

 

 

 


loading...