Bupati memberikan pengarahan kepada tim Saber Sampah yang baru terbentuk di kediaman dinas, Jumat (15/9) kemarin. F.Enol/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq, telah membentuk tim sapu bersih (saber) sampah, Jumat (15/9) kemarin. Sebanyak 35 petugas tim saber sampah ini, disebarkan untuk empat kecamatan di Pulau Karimun besar.

Masing-masing sepuluh petugas ditempatkan di Kecamatan Karimun, Meral, dan Tebing. Sedangkan lima petugas tim lainnya ditempatkan di Kecamatan Meral Barat.
Bupati sangat berharap, kehadiran tim Saber Sampah lebih mengoptimalkan kebersihan di Pulau Karimun besar. Mengingat selama ini lebih banyak keterlibatan pegawai ASN, baik di lingkungan kecamatan, kelurahan, maupun OPD untuk menjaga kebersihan melalui program Sabtu Bersih maupun gotong royong.

“Selama ini yang sifatnya insidentil, kita menggerahkan pegawai kelurahan maupun kecamatan untuk kebersihan. Dengan terbentuknya tim Saber Sampah ini, kita kembalikan fungsi pegawai ASN sebagai pelayanan bidang administrasi. dan kemasyarakatan. Artinya, untuk mengoptimalkan kebersihan sudah ada tim tersendiri,” tegas Bupati.

Diakui Bupati, optimalisasi kebersihan yang dilakukan melalui program Sabtu Bersih, dan gotong royong, belum menyentuh keseluruhan. Masih banyak terlihat sampah dibuang di bahu jalan. “Nah untuk mengoptimalkannya, tim Saber Sampah inilah yang setiap hari bergerak melihat titik-titik sampah di empat kecamatan tadi,” tutur Rafiq seraya menambahkan tahun depan akan dibentuk lagi tim saber sampah di luar Pulau Karimun besar.

Sementara Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan Karimun, Rosmawati mengapresiasi kehadiran tim Saber Sampah. Karena Tim saber Sampah yang dibentuk Bupati diyakini akan saling bersinergi dengan petugas kebersihan di bawah naungan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan.

“Tim Saber Sampah ini, di bawah naungan kecamatan. Artinya, tidak akan terjadi over lapp kinerja petugas di bawah naungan dinas. Tapi mereka saling mengisi, dan bersinergi dalam mengoptimalkan kebersihan di Pulau Karimun,” tegas Rosmawati. (enl)

Advertisement
loading...