Salah seorang warga Karimun, ketika melakukan perekaman e-KTP di kantor Camat Karimun. F. Tri Haryono/Batam Pos

batampos.co.id – Persediaan blanko KTP eleketronik atau KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten masih terbatas. Sementara, antrian atau daftar tunggu untuk mendapatkan KTP-el sudah cukup banyak, yakni mencapai 12 ribu orang.

”Memang, terbatasnya persediaan blanko KTP-el telah menyebabkan antrian yang sebanyak 12 ribu orang. Hal ini penyebabnya bukan di dinas. Melainkan, memang alokasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu sedikit yang diberikan kepada kita,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun, M Tahar kepada Batam Pos, Kamis (14/9).

Tapi, kata Tahar, perlu diketahui jumlah daftar tunggu yang mencapai belasan ribu orang tersebut merupakan pemohon yang sebelumnya sudah memiliki KTP-el. Tapi, disebabkan ada perubahan alamat, seperti pindah dari luar ke dalam Kabupaten Karimun, maka harus mengganti KTP-el. Dan, sambil menunggu datangnya blanko KTP-el, masyarakat yang termasuk dalam daftar tunggu diberikan surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh pihaknya.

”Memang, saat ini, persediaan blanko KTP-el masih ada. Namun, jumlahnya hanya 400 lembar. Namun, persediaan itu hanya untuk masyarakat yang belum pernah memiliki KTP-el. Meski demikian, perlahan-lahan pihaknya akan mengurangkan daftar tunggu tersebut. Sebab, pekan depan rencananya ada seribu blanko KTP-el yang sidah bisa diambil ke Kemendagri,” ujarnya.

Dilanjutkan Tahar, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Karimun dalam tahun ini telah mengajukan permohonan ke Kemendagri sebanyak 20 ribu lembar blanko KTP-el. Namun, yang baru direalisasikan untuk bulan ini hanya seribu lembar. Mudah-mudahan, permohonan tersebut bisa direalisasikan. Sehingga, semua yang masuk daftar tunggu KTP-el bisa segera dicetak. (san)

Respon Anda?

komentar