Sebuah mobil saat melintas di jalam M Tahir yang becek, Minggu (17/9). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Aktifitas truk di perempatan jalan depan bekas bangunan My Mart Batamcenter menganggu sejumlah pengguna jalan. Tak hanya berdebu, disaat hujan jalan tersebut juga becek oleh bekas tanah yang tercecer di jalan.

Seperti yang terlihat pada Minggu (17/9) sore, seluruh ruas jalan di samping bekas bangunan My Mart tampak becek dan kotor. Bahkan, pengendara yang melintas, terutama roda dua terpaksa melambatkan laju sepeda motor. Hal itu dikarenakan jalan yang becek licin.

“Tadi ada sepeda motor yang jatuh. Mungkin karena rem mendadak makanya jatuh. Untungnya nggak ada mobil di belakang motor itu,” terang Hendriko warga yang tengah menikmati makanan di daerah tersebut.

Menurut dia, jalan tersebut merupakan jalur yang wajib tiap hari dilalui. Apalagi ia yang bermukim di Bengkong dan bekerja di Batamcenter.

“Tiap hari lewat sini. Kalau panas berdebu. Kalau hujan, becek begini,” terang pria dengan panggilan Hendri.

Sementara, Kabag Humas dan Protokol Pemko Batam, Ardi Winata mengatakan perusahaan yang menggunakan jalur tersebut wajib bertanggungjawab. Apalagi aktifitas tersebut dapat menganggu pengguna jalan yang melintas.

“Siapa yang mengotori jalan, wajib bertanggungjawab. Apalagi jalur tersebut merupan area umum,” terang Ardi, Minggu (17/9).

Dikatakannya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam telah menyampaikan peringatan kepada perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut diminta untuk membersihkan jalan yang kotor akibat aktifitas truk pengangkut tanah.

“Sudah disampaikan, sebab mereka mengotori fasilitas umum. Jawaban si perusahaan saya belum tahu seperti apa,” jelas Ardi.

sudah kita sampaikan. siapa yang mengotori jalan. harus bertanggungjawab. dari dinas lingkungan hidup, sudah sampaikan ke perusahaan. bertanggungjawab terhadap.

Menurut dia, sesuai peraturan yang ada, aktiftas truk tanah di jalan raya memiliki SOP tersendiri. Dimana muatan tanah harus berdasarkan tonase dan bagian atas truk ditutup terpal.

“Kalau kondisinya seperti ini. Kita akan minta perusahaan bertanggungjawab segera. Jadi tak menganggu aktifitas pengendara lainnya,’ pungkas Ardi. (she)

Respon Anda?

komentar