Ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Perhubungan Kota Batam menganggarkan pengadaan CCTv untuk dua persimpangan traffic light di Batam. Harga satu paket CCTv diperkirakan menelan anggaran Rp 500 juta.

Kepala Dishub Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan dari 38 traffic light yang ada di Batam, hanya 23 titik diawasi CCTv. Meski begitu, pihaknya menginginkan agar 35 titik traffic light dilengkapi dengan CCTv. Terutama untuk daerah yang rawan.

“Masih 23 titik yang dilengkapi CCTV. Rencananya kita ingin pasang di 35 titik,” kata Yusfa di Nagoya, Lubukbaja (17/9) pagi.

Dikatakannya, untuk tahun ini ada penambahan dua CCTV di Simpang Kalista dan jalan Yosudarso. Pengadaan CCTv melalui koordinasi dengan Kementrian Perhubungan.

“Kemungkinan di pasang pada awal November. Saat ini masih proses lelang,” jelas Yusfa.

Menurut dia, harga untuk satu CCTv itu berkisar Rp 400-500 juta. Jika di kali dua, berarti anggaran untuk CCTv di dua persimpangan Rp 1 miliar.

“Kenapa mahal, karena CCtv ini sepaket dengan traffic light. CCTv ini juga dilengkapi jaringan yang dipantau dari Kantor Dishub,” jelas Yusfa.

Disisi lain, Yusfa berharap pemasangan CCTv bisa lebih memantau aktifitas berlalu lintas masyarakat. Serta membantu dalam penerapan E-Tilang kedepannya.

“Jadi masyarakat bisa lebih tertib dalam berlalu lintas,’ pungkas Yusfa. (she)

 

 

Respon Anda?

komentar