Bupati Bintan, Apri Sujadi didampingi Ketua Umum Kabupaten Sehat, Kabupaten Bintan, Deby Apri Sujadi (kiri) menerima penghargaan sebagai kota sehat tahun 2017 yang diserahkan ketua tim verifikasi, Deky Virandola di kantor Bupati Bintan, Senin (18/9). F. Humas Pemkab Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi menyambut kedatangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat pusat di kantor Bupati Bintan, Senin (18/9). Kali ini Kabupaten Bintan kembali lolos sebagai kota sehat tahun 2017. Bintan masuk dalam 78 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang lolos verifikasi ke tingkat nasional.

Dikatakan Apri, prestasi ini menjadi gerakan moral bagi masyarakat Kabupaten Bintan untuk bersama-sama melakukan pembangunan yang berorientasi pada kesehatan. Terlebih posisi strategis Bintan berbatasan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

“Kita sangat gembira menyambut kunjungan tim verifikasi. Karena tidak mudah untuk bisa lolos dan masuk ke dalam 78 kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Kabupaten Sehat, Kabupaten Bintan, Deby Apri Sujadi mengatakan tim verifikasi pusat akan melakukan penilaian selama 2 hari di beberapa lokasi sesuai dengan tatanan yang diajukan.

Untuk tahun ini kata Deby, ada 9 kecamatan, 14 kelurahan, dan 29 desa yang diikutsertakan dalam penilaian verifikasi. Ditambah lokasi perkantoran, kawasan sarana dan prasarana umum, kawasan industri dan pariwisata, sekolah-sekolah, serta tempat pembuangan akhir (TPA) yang menjadi fokus objek penilaian.

Deby lebih rinci menjelaskan, lokasi yang menjadi penilaian akan disesuaikan dengan pengajuan tatanan yang diajukan. Ada 4 tatanan penilaian, yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan industri, perkantoran sehat, dan kawasan pariwisata sehat.

“Saya optimis, tahun ini Kabupaten Bintan akan kembali meraih penghargaan swastisaba kategori wiwerda,” kata Deby.

Di tempat yang sama ketua tim verifikasi kabupaten/kota tingkat nasional, Deky Virandola mengucapkan selamat kepada Kabupaten Bintan yang kembali terpilih dalam penilaian penghargaan kabupaten/kota sehat tingkat nasional untuk kategori Wiwerda.

Deky mengapresiasi karena Kabupaten Bintan berhasil meraih penghargaan tersebut sejak tahun 2015 dengan kategori Padapa, dan tahun 2017 ini meningkatkan ke kategori Wiwerda. Deky menjelaskan, program kabupaten/kota sehat ini bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan saja, namun menjadi tanggung jawab lintas sektoral dari pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

“Kami apresiasi atas apa yang telah dilakukan Kabupaten Bintan. Dimana tahun ini meningkatkan dari kategori Padapa ke kategori Wiwerda,” pungkasnya. (cca)

 

Advertisement
loading...