Iklan
Personel Pramuka MAN Tanjungpinang meraih empat gelar saat menjadi tuan rumah tingkat Rating Bukit Bestari

batampos.co.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjungpinang menyabet empat gelar pada ajang Pramuka bertajuk Bukit Bestari Scout Competion (BBSC) se Kwartir Ranting (Kwaran) Bukit Bestari. Selain itu, sekolah yang fokus pada pembinaan akhlak itu, juga sukses menjadi tuan rumah.

Iklan

Kegiatan yang mengusung tema “menciptakan generasi pramuka yang berbakat dengan semangat kejujuran dan sejuta kreasi” tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, Minggu (17/9) lalu di Lapangan MAN Tanjungpinang.

Kegiatan untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak ini diikuti sebanyak 432 peserta, terdiri dari pramuka siaga dari 14 pangkalan dengan 224 peserta, pramuka penggalang dari 7 pangkalan sebanyak 112 peserta, dan pramuka Penegak 6 pangkalan sebanyak 96 peserta.

“Kegiatan ini, memang merupakan program kerja Gerakan Pramuka Kwartir Ranting, Bukit Bestari,” ujar Pembina Pramuka MAN Tanjungpinang, Yuliana.

Masih kata Yuliana, iven ini juga menjadi media silaturahmi bagi keluarga besar Pramuka yang ada dalam ranah kerja Kwartir Pramuka Bukit Bestari. Apalagi sasarannya bukan hanya penggerak Pramuka tingkat SMA/MA/SMK saja, tetapi juga untuk kelompok SMP/MTs dan SD/Mi.

Disela-sela kegiatan, panitia juga memberikan warna melalui perlombaan reportase BBSC dan Lomba Tapak Kemah. Sebagai tuan rumah, MAN Tanjungpinang meraih empat gelar dari kegiatan tersebut. Yakni juara tiga putra dan putri BBSC Competition. Dua gelar lainnya adalah juara tiga putra dan putri dalam lomba tapak kemah.

“Kegiatan ini tentunya memberikan edukasi yang positif bagi penggerak pramuka. Karena menjadi media untuk mereka berkreativitas,” papar Yuliana.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Tanjungpinang, Syahrul yang juga Wakil Walikota Tanjungpinang ini mengapresiasi kwartir Bukit Bestari dalam menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan di Kota Tanjungpinang.
Kegiatan Bukit Bestari Scout Competion ini merupakan realisasi dari amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010.

“Saya bangga sekaligus berterimakasih atas inisiatif kwartir Bukit Bestari dalam mengembangkan kegiatan pramuka. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi kwartir lainnya,” ujarnya.

Menurut kandidat Walikota Tanjungpinang priode 2018-2023 tersebut, kegiatan Bukit Bestari Scout Competion ini sangat penting untuk mengembalikan kejayaan pramuka, yang selalu berkaitan dengan kegiatan positif. Dijelaskannya, kompetisi ini tak hanya mengembangkan bakat dan kreativitas peserta didik, tetapi membentuk karakter generasi muda yang handal dan memiliki integritas moral yang tinggi sebagaimana yang terkandung dalam isi Dasa Dharma Pramuka.

“Apa yang terpenting adalah pembinaan harus terus berjalan. Sehingga bisa membentuk karaktristik pramuka yang disiplin dan tangguh,” papar Syahrul.(jpg)