Selasa, 16 April 2024

YouTube Layanan Baru untuk Kreator

Berita Terkait

Peluncuran 4 Program YouTube untuk Dukung Kreator di Luar Jakarta (Istimewa)

batampos.co.id – Dalam peluncurannya, Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen berbagi lebih jauh mengenai perkembangan YouTube di tanah air. Data terbaru App Annie merekam 50 juta orang Indonesia aktif mengunjungi YouTube setiap bulan. Sementara pertumbuhan angka kreator dengan 1 juta subscribers meningkat empat kali hanya dalam setahun terakhir. Termasuk dari luar daerah Jakarta.

“Kami melihat kreator dari kota-kota kecil di Jawa, Sulawesi, dan bahkan Papua membuat konten dan meraih sukses di YouTube,” kata Tony Keusgen, Senin (18/9).

Program komunitas YouTube yang diumumkan hari ini yakni YouTube Pop-Up Space, YouTube NextUp, YouTube FanFest, dan YouTube Go.

Lewat dua Pop-Up Space yang telah dilakukan di Jakarta setahun terakhir, YouTube melatih lebih dari seribu kreator konten di lewat fasilitas studio canggih, rangkaian workshop, dan pelatihan mengenai cara meraih sukses di YouTube. Pop-Up Space yang ketiga ini difokuskan pada kreator yang beraliran musik, di mana kreator musik seperti Eclat Story, Eka Gustiwana dan Fathia Izzati mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dan berlatih untuk festival terbesar YouTube mendatang, yakni YouTube FanFest Indonesia.

Tahun ini YouTube menggelar program YouTube NextUp. Di mana 12 kreator hasil seleksi juri diterbangkan ke YouTube Pop-Up Space untuk diberi pelatihan intensif dari para pakar produksi, serta memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi kemungkinan berkolaborasi dengan kreator lainnya. Program YouTube NextUp ini didesain khusus untuk membantu mereka mempelajari cara membuat video dengan lebih baik, mendapat lebih banyak subscriber, dan membuat channel menjadi lebih menarik.

Sementara itu, ajang YouTube FanFest di tahun ini untuk pertama kalinya akan dilakukan tidak hanya di Jakarta. Tapi juga di Yogyakarta pada 22-24 September, Surabaya pada 6-8 Oktober, dan Bandung pada 20-22 Oktober. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi kreator dari daerah luar Jakarta untuk mendapat pengalaman serupa dengan kreator di ibu kota. Yakni, unjuk talenta di atas panggung, berkolaborasi dengan top kreator, serta bertemu dengan penggemar secara langsung.

“Kami terus dikejutkan dengan antusiasme audiens YouTube. Di FanFest yang pertama tahun 2015, 3,000 tiket langsung habis dalam kurun waktu lima menit. Tahun ini kami ingin membawa keseruan yang sama bagi kreator dan penggemar YouTube di kota lainnya,” jelas Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia.

Rangkaian YouTube FanFest Indonesia 2017 akan ditutup di Jakarta pada tanggal 10 hingga 12 November. Acara akan dimeriahkan oleh kedatangan kreator YouTube internasional ternama seperti 1MILLION Dance Studio dan Ranz & Niana, juga kreator lokal yakni Gen Halilintar, Raditya Dika, dan dunia MANJI.

Program YouTube lainnya untuk kreator yakni YouTube Go. Setelah diumumkan pada Agustus lalu, YouTube Go, mendukung pengguna YouTube dengan keterbatasan jaringan internet dan WiFi, dilengkapi dengan fitur-fitur unik seperti mengontrol jumlah kuota dan kemampuan preview sebelum menonton video secara utuh.

“Indonesia terus menjadi fokus penting bagi YouTube. Kami berharap semua inisiatif yang kami luncurkan hari ini dapat membantu lebih banyak masyarakat Indonesia meraih sukses di YouTube, dan kami tak sabar melihat lebih banyak lagi konten khas Indonesia dinikmati oleh audiens global,” tutup Tony.

(ded/JPC)

Update