Jumat, 19 April 2024

KPK Lelang Aset Koruptor

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membuka lelang eksekusi barang rampasan kasus rasuah. Mayoritas aset yang dilelang berupa kendaraan. Bahkan sebagian masuk golongan mobil mewah senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Beberapa mobil itu kemarin diperlihatkan ke peserta lelang di sejumlah lokasi. Salah satunya di gedung KPK lama di Jalan Rasuna Said.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, lelang itu diumumkan melalui website resmi komisi antirasuah. Total ada 22 aset yang masuk daftar lelang. Rencananya, lelang dilaksanakan pada Jumat (22/9) mendatang di ruang Cendrawasih JCC Senayan Jakarta. ”Pelunasan harga lelang 5 hari kerja setelah pelaksanaan lelang,” ujarnya kemarin (19/9).

Di antara barang yang akan dilelang tercatat beberapa kendaraan yang dirampas dari mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Djoko Susilo. Antara lain Toyota Rush 1.5 S AT atas nama Seto Aji Ismoyo, Nissan Serena Highway Star AT atas nama Siti Maropah, Jeep Wrangler 4.0L AT atas nama Bambang Ryan Setiadi, dan Toyota Harrier 2.4 AT atas nama M. Zaenal Abidin.

Seperti diwartakan, Djoko Susilo merupakan terpidana kasus korupsi proyek simulator surat izin mengemudi (SIM). Sebanyak 48 aset jenderal bintang 2 itu dirampas negara lantaran terbukti dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang divonis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta pada 2013. Hakim memvonis Djoko terbukti membeli aset dari hasil korupsi dan diatasnamakan orang lain.

Selain aset Djoko, KPK juga melelang sejumlah aset atas nama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, rekanan proyek simulator SIM. Aset itu berupa mobil Toyota Innova V Diesel AT 2012 warna abu-abu metalik atas nama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi. ”Lelang akan dilakukan dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III,” terang Febri.

Selain mobil, KPK juga akan melelang sejumlah barang lain. Di antaranya, handphone merek Samsung model GT-193000, Samsung model GT-E1205T, Apple iPhone 5 model MD 299ID/A dan telepon genggam BlackBerry. Bukan hanya itu, komisi antirasuah juga melelang satu koper merek Rimowa model Salsa Multiwheel dan Del Hybrid, serta tas Chanel.

Beberapa aset yang dilelang juga dirampas dari koruptor lain. Di antaranya mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin dan eks Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M. Sanusi. Febri menjelaskan, sebelum proses lelang, KPK lebih dulu mengumumkan nilai limit (floor price) atau harga terendah.

Misalnya Volkswagen Golf 1.4 nilai limit Rp 131,6 juta, Volkswagen Beetle 1.2 nilai limit Rp 286,75 juta, Honda CRV 2.4 dengan nilai limit Rp 76,6 juta, dan Honda Civic FD2 2.0 nilai limit Rp 78 juta.

”Bea lelang pembeli 3 persen dari harga lelang,” imbuhnya. (tyo/oki)

Update